Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:42:24ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-03T07:12:20Z2019-10-01T12:05:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38567This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/385672016-08-03T07:12:20ZLAPORAN KEGIATAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMPN 4 GAMPING
Gamping SlemanPraktik pengalaman lapangan atau sering disebut dengan PPL merupakan
salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan KKN-PPL. PPL merupakan suatu
kegiatan yang mewajibkan mahasiswa untuk berlatih mengajar di kelas yang
sebenarnya selama sekitar dua bulan dengan bimbingan guru mata pelajaran yang
ada di sekolah tersebut dan dosen pembimbing lapangan. Tujuan dari PPL adalah
memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, baik
pengalaman sebelum pembelajaran dimulai, saat pembelajaran, dan sesudah
pembelajaran.
PPL dilaksanakan dari tanggal 2 Juli dampai 17 September 2014. Selama
kurang lebih dua bulan ini mahasiswa diwajibkan berada di sekolah sesuai dengan
jam kerja yang berlaku di sekolah. Mahasiswa juga diwajibkan untuk berlatih
mengajar di kelas yang sudah ditentukan oleh guru mata pelajaran yang
membimbing, tidak hanya mengajar saja mahasiswa juga diwajibkan berlatih
membuat RPP, silabus, media, berlatih memilih metode yang tepat untuk mengajar
dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa, membuat prosem, membuat prota, dan
sebagainya. Selain itu mahasiswa juga dituntut untuk melaksanakan kegiatan
administratif sekolah, contohnya adalah piket, presensi kelas, dan sebagainya.
Dalam praktik mengajar, mahasiswa praktikan dibimbing oleh guru mata pelajaran
IPS yang sekaligus menentukan kelas yang harus diajar dan jadwal praktik
mengajar. Praktikan juga dibimbing oleh dosen mikro yang sekaligus dosen PPL,
dimana dosen PPL ini disesuaikan dengan program studi praktikan. Bimbingan oleh
dosen PPL dilakukan sebelum dan saat PPL dilaksanakan. Sebagai persiapan
mengajar praktikan harus membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan
media yang dikonsultasikan terlebih dahulu dengan guru pembimbing sebelum
praktik mengajar. Hal tersebut dilakukan agar praktikan memiliki pedoman dalam
pelaksanaan praktik dan memudahkan praktikan dalam penyampaian materi sesuai
dengan sasaran yang ingin dicapai.
Selama PPL ini, mahasiswa memperoleh hasil berupa pengalaman langsung
dan baru meliputi mengajar di kelas, mengelola kelas, memilih metode belajar yang
sesuai dengan kebutuhan siswa dan kegiatan lain seperti membuat prosem dan prota
yang sangat bermanfaat. Pelaksanaan PPL sangat berguna bagi mahasiswa,
mahasiswa jadi mengetahui bagaimana kondisi kelas sebenarnya yang sangat jauh
berbeda kondisinya saat mahasiswa mengajar dalam kegiatan micro. Sehingga
membuat mahasiswa lebih pintar lagi saat berada di depan kelas. Banyak hal baik
yang mendukung dan menghambat pelaksanaan PPL di SMPN 4 Gamping tapi hal
tersebut menjadi sebuah tantangan yang harus dilewati, sehingga pelaksanaaan PPL
dapat berjalan dengan baik dan lancar.Tectona Hangger Waluyo Tectona Hangger Waluyo