Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:17:46ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-13T00:25:48Z2019-01-30T11:18:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42271This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/422712016-10-13T00:25:48ZPENGARUH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PENDIDIK, MANAJER,
MOTIVATOR, DAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU DI
SMK PIRI 1 YOGYAKARTAPENGARUH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PENDIDIK, MANAJER,
MOTIVATOR, DAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU DI
SMK PIRI 1 YOGYAKARTA
Oleh:
Tawakal Setiadi
10502247012
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kepala sekolah sebagai
pendidik, manajer, motivator, dan supervisor terhadap kinerja guru di SMK PIRI
1 Yogyakarta, 2) faktor apakah yang memiliki pengaruh paling besar diantara
faktor kepala sekolah sebagai pendidik, manajer, motivator dan supervisor
terhadap kinerja guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta.
Metode penelitian ini menggunakan ex post facto dengan pendekatan
kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 40 orang guru di SMK PIRI 1
Yogyakarta. Variabel penelitian adalah kepala sekolah sebagai pendidik (X1),
kepala sekolah sebagai manajer (X2), kepala sekolah sebagai motivator (X3),
kepala sekolah sebagai supervisor (X4), dan kinerja guru (Y). Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan angket dan metode analisis
menggunakan Regresi Sederhana dan Ganda 4 Prediktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sebagai pendidik,
manajer, motivator dan supervisor berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta hal ini dapat diketahui dari Rhitung
(0,0497) > Rtabel (0,304). Sumbangan relatif yang diberikan tiap variabel adalah
kepala sekolah sebagai supervisor 46,4%, kepala sekolah sebagai motivator
sebesar 28,23%, kepala sekolah sebagai manajer sebesar 16,98%, dan terakhir
Kepala sekolah sebagai pendidik 8,39%. Dengan demikian faktor yang paling
berpengaruh terhadap kinerja guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta adalah kepala
sekolah sebagai supervisor.
Kata kunci: Kepala Sekolah, Pendidik, Manajer, Motivator, Supervisor,
Kinerja Guru.Setiadi Tawakal2013-09-30T01:39:35Z2019-01-29T18:47:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10694This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/106942013-09-30T01:39:35ZPENGARUH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PENDIDIK, MANAJER,
MOTIVATOR, DAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU DI
SMK PIRI 1 YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kepala sekolah sebagai
pendidik, manajer, motivator, dan supervisor terhadap kinerja guru di SMK PIRI
1 Yogyakarta, 2) faktor apakah yang memiliki pengaruh paling besar diantara
faktor kepala sekolah sebagai pendidik, manajer, motivator dan supervisor
terhadap kinerja guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta.
Metode penelitian ini menggunakan ex post facto dengan pendekatan
kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 40 orang guru di SMK PIRI 1
Yogyakarta. Variabel penelitian adalah kepala sekolah sebagai pendidik (X1),
kepala sekolah sebagai manajer (X2), kepala sekolah sebagai motivator (X3),
kepala sekolah sebagai supervisor (X4), dan kinerja guru (Y). Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan angket dan metode analisis
menggunakan Regresi Sederhana dan Ganda 4 Prediktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sebagai pendidik,
manajer, motivator dan supervisor berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta hal ini dapat diketahui dari Rhitung
(0,0497) > Rtabel (0,304). Sumbangan relatif yang diberikan tiap variabel adalah
kepala sekolah sebagai supervisor 46,4%, kepala sekolah sebagai motivator
sebesar 28,23%, kepala sekolah sebagai manajer sebesar 16,98%, dan terakir
kepala sekolah sebagai pendidik 8,39%. Dengan demikian faktor yang paling
berpengaruh terhadap kinerja guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta adalah kepala
sekolah sebagai supervisor.
Kata kunci: Kepala Sekolah, Pendidik, Manajer, Motivator, Supervisor,
Kinerja Guru.Setiadi Tawakal