Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:17:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-11T08:44:41Z2019-01-30T11:17:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42211This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/422112016-10-11T08:44:41ZTrainer Mikrokontroler AT Mega 40 Pin sebagai Media Pembelajaran Mata
Diklat Pemrograman Mikrokontroler di SMKTrainer Mikrokontroler AT Mega 40 Pin sebagai Media Pembelajaran Mata
Diklat Pemrograman Mikrokontroler di SMK
Oleh : Taufik Adi Sanjaya
NIM. 06501241028
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media
pembelajaran mata diklat pemrograman mikrokontroler berupa trainer AT Mega 40
Pin sebagai pendukung proses pembelajaran serta mengetahui unjuk kerja serta
kelayakan media yang telah dibuat.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Objek penelitian
adalah Modul Pemrograman dan trainer AT Mega 40 Pin. Proses pembuatan dan uji
coba unjuk kerja trainer dilakukan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas
Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan selama enam bulan
antara bulan Januari 2013 sampai dengan bulan Juni 2013. Tahap pengembangan produk
meliputi 1).Analisis, 2).Desain, 3).Implementasi, 4).Pengujian, 5).Validasi, dan 6).Ujicoba
pemakaian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi 1). Pengujian dan
pengamatan unjuk kerja trainer dalam mengeksekusi contoh source code yang
disampaikan pada modul pendamping trainer 2). Angket penelitian. Adapun uji kelayakan
media pembelajaran melibatkan dua ahli materi pembelajaran dan satu ahli media
pembelajaran. Ujicoba pemakaian dilakukan oleh 2 orang guru pengampu mata diklat
pemrograman mikrokontroler di SMK Negeri 2 Depok dan SMK Piri Yogyakarta.
Metode analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang
diungkapkan dalam distribusi skor dan dipersentase terhadap kategori skala penilaian
yang telah ditentukan.
Dari hasil penilaian ahli materi terhadap materi pembelajaran dalam bentuk
Modul Pemrograman didasarkan pada (1) aspek kualitas materi dan (2) aspek
kemanfaatan mendapat persentase kelayakan sebesar 78,04% dengan kategori sangat
layak. Penilaian ahli media terhadap kualitas media pembelajaran dalam bentuk
trainer ATMega 40 Pin didasarkan pada (1) aspek keefektifan desain tampilan, (2)
aspek teknis dan (3) aspek kemanfaatan mendapat persentase kelayakan sebesar
77,08% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian uji coba produk yang dibagi
menjadi dua aspek yaitu aspek materi dan media secara keseluruhan hasil penilaian
oleh guru pengampu mata diklat pemrograman mikrokontroler memperoleh persentase
kelayakan sebesar 73,71% dengan kategori layak.
Kata kunci: AT Mega, AVR , Bascom AVR, Modul pemrograman, Trainer
mikrokontroler.Adi Sanjaya Taufik