Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:46:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-07-12T06:41:09Z2019-01-30T14:26:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50658This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/506582017-07-12T06:41:09ZIMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR
DI PKBM PERSADA BANTULPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kebijakan
Pendidikan Keaksaraan Dasar di PKBM Persada Bantul. Deskripsi tersebut terkait
dengan Pendidikan Keaksaraan Dasar antara lain perencanaan, langkah dan
evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan
Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini
adalah ketua PKBM Persada, tutor keaksaraan dasar dan warga belajar pendidikan
keaksaraan dasar, dengan objek penelitian implementasi Kebijakan Pendidikan
Keaksaraan Dasar di PKBM Persada Bantul. Metode pengumpulan data yang
digunakan berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data
yang digunakan model interaktif Miles dan Huberman meliputi pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan. Adapun
validasi data yang menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan
trianggulasi waktu.
Penelitian ini menggunakan teori Edward untuk mengetahui implementasi
kebijakan pendidikan keaksaraan dasar yang meliputi komunikaasi, sumber daya,
disposisi dan struktur birokrasi. Hal tersebut merupakan variabel-variabel yang
mempengaruhi keberhasilan dari suatu implementasi kebijakan. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar di
PKBM Persada meliputi (1) komunikasi, meliputi adanya sosialisasi untuk
mengajak warga masyarakat yang masih buta aksara untuk mengikuti pendidikan
keaksaraan dasar, dan sosialisasi dari Dinas Pendidikan berupa memberikan
pelatihan bagi tutor keaksaraan dasar; (2) Sumber daya manusia sudah mencukupi
untuk Implementasi Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar, sumber daya sarana
dan prasarana berupa meja belajar dan rak buku masih belum mencukupi untuk
menunjang pelakasanaan pendidikan keaksaraan dasar, sumber daya finansial
menggunakan APBD Daerah Istimewa Yogyakarta dan sebagian dari swasembada
PKBM Persada; (3) Disposisi, adanya komitmen dan sikap positif dari pihak
PKBM untuk terus mengimplemetasikan Kebijakan Pendidikan Keaksaraan
Dasar; (4) Struktur birokrasi dalam megimplementasikan Kebijakan Pendidikan
Keaksaraan Dasar dengan menjadikan pendidikan keaksaraan dasar sebagai salah
satu program pendidikan non formal yang diselenggarakan di PKBM Persada.
Faktor pendukungnya adalah adanya dukungan dari masyarakat setempat,
perangkat desa dan dinas-dinas terkait, serta adanya bantuan dana dari APBD
Daerah Istimewa Yogyakarta. Faktor penghambatnya adalah kurangnya sarana
viii
yang menunjang dalam pembelajaran seperti meja belajar, kursi dan rak buku dan
kesibukan dari warga belajar yang sering bertabrakan dengan jadwal pembelajaran
keaksaraan dasar.
Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Pendidikan Keaksaraan Dasar, PKBM
Persada.Alfrendy Tatto