Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:15:40ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-11T01:57:37Z2019-01-30T11:16:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42140This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/421402016-10-11T01:57:37ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PENGOLAHAN
MENU SEIMBANG BALITA USIA 3-5 TAHUN UNTUK SISWA KELAS X
PROGRAM STUDI JASA BOGA DI SMK N 3 KLATENTujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media pembelajaran video
untuk kompetensi mengolah menu seimbang balita usia 3-5 tahun yang layak untuk
diterapkan media sumber belajar, (2) mengetahui kelayakan media video
pembelajaran untuk kompetensi mengolah menu seimbang balita usia 3-5 tahun di
SMK N 3 Klaten yang layak untuk diterapkan sebagai media sumber belajar, (3)
mengetahui efektifitas penggunaan video pada pencapaian kompetensi mengolah
menu seimbang balita usia 3-5 tahun.
Penelitian ini merupakan penelitian Research And Development (RnD).
Penelitian pengembangan ini adalah pengembangan Model ADDIE dengan 5
langkah yaitu: (1) analysis: menganalisis maslah, kebutuhan, tujuan dan
mengumpulkan sumber, (2) design: menyusun kerangka struktur media, membuat
sitemap media pembelajaran video, membuat naskah dan storyboard, (3)
development: memproduksi video dan audio, memprogram materi, menyiapkan
komponen pendukung, (4) implementation: menguji kelayakan dengan ahli media
dan guru serta mengetahui efektivitas dengan menggunakan metode eksperimen
desain one group pretest-posttest di kelas X Jasa Boga 1 dengan jumlah 32 siswa,
yang kemudian dievaluasi, ditinjau kembali, revisi (5) evaluation: mengevaluasi hasil
meliputi evaluasi formatif (ahli media dan guru ahli) dilanjutkan revisi dan sumatif
untuk melihat efektifitas media pembelajaran dengan menghitung hasil dengan
SPSS 16.0.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran
video yang inovatif untuk SMK N 3 Klaten melalui tahapan analysis, design,
development, implementation dan evaluation, (2) media pembelajaran video
mengolah menu seimbang balita usia 3-5 tahun yang dikembangkan valid dan layak
digunakan dalam pembelajaran Ilmu Gizi berdasarkan validasi ahli media diperoleh
hasil rata-rata presentase 100%, penilaian dari guru mata pelajaran diperoleh hasil
rata-rata presentase 87,44%, (3) media pembelajaran video yang dikembangkan
efektif untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa dan hasil belajar Ilmu Gizi
berdasarkan tes hasil belajar pada uji coba kelompok kecil, terjadi peningkatan
rerata pretest 69,52% ke rerata posttest 79,12% mengalami kenaikan hasil rerata
13,8%. Hasil belajar siswa mencapai 81,25% siswa tuntas karena telah memenuhi
KKM, hasil paired t-test menunjukkan pada α=5% bahwa thitung> ttabel dengan 24,31
> 2,039 dan nilai gain ternomalisasi yaitu g=0,43 tergolong sedang sehingga dapat
dikatakan bahwa HO ditolak dan Ha diterima sehingga media pembelajaran video
mengolah menu seimbang balita efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: pengembangan, pembelajaran mengolah menu seimbang balita
usia 3-5 tahun, media pembelajaran videoAji Nur Mustofa Tanjung