Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:02:32ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-30T04:22:45Z2019-10-01T11:52:59Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35703This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/357032016-06-30T04:22:45ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2015/2016
LOKASI
LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (LPMP)
D. I. YOGYAKARTAPraktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang dilaksanakan
untuk melatih dan mengembangkan ilmu yang diperoleh selama kuliah yang
selanjutnya dapat diimplementasikan ke dalam kegiatan yang ada di lembaga.
PPL ini diharapkan dapat membentuk tenaga pendidik yang memiliki
pengalaman, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang patut untuk
diterapkan dalam kegiatan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas
Negeri Yogyakarta telah dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2015 sampai 4
September 2015 yang berlokasi di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan
(LPMP) Daerah Istimewa Yogyakarta dengan beranggotakan 15 mahasiswa.
Kegiatan ini diawali dengan observasi ke Lembaga tersebut untuk menyesuaikan
jadwal dan proker yang telah diajukan.
Program Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan terdiri dari program
kegiatan kelompok dan program kegiatan individu. Program kegiatan kelompok
yaitu Lomba HUT RI 70, Upacara Peringatan HUT RI 70, Penataan Lab,
Pembuatan Papan Penunjuk Arah, Inventarisasi Aset BMN, dan Peringatan UU
Keistimewaan Yogyakarta. Program kegiatan individu antara lain Pembuatan
Video Profil LPMP, Penilaian Pretest dan Postest Asesor Gunung Kidul,
pengelolaan Database Diklat Cakepsek Papua dan Jateng, Analisis Hasil Evaluasi
Diri Sekolah (EDS), Posterisasi, Workshop dan Diklat Kepala Sekolah
Kabupaten Tambrauw Papua.
Proker individu yang telah kami laksanakan adalah, pemetaan mutu
supervisi, dan proker pendamping kami yaitu Inventarisasi aset BMN. Semua
program kerja individu berjalan lancar sesuai dengan harapan, meskipun ada
beberapa kendala atau hambatan namun dapat kami diatasi. Proker individu kami
yang paling pokok adalah pemetaan mutu supervisi, yaitu dengan membuat
laporan analisis hasil evaluasi diri sekolah setiap kabupaten yang ada di Daerah
Istimewa Yogyakarta. Hasil evaluasi diri dianalisis untuk mendapatkan peta mutu
kinerja sekolah dalam mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan (SNP)
khususnya Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (SI), Standar Proses,
Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), serta
Standar Pengelolaan Pendidikan, mengidentifikasi aspek-aspek implementasi
standar yang masih dapat ditingkatkan, dan menyusun rekomendasi program
peningkatan mutu pendidikan.Tanfilu Awalizah Tanfilu Awalizah