Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:59:25ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-19T01:53:32Z2019-01-30T11:22:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42501This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/425012016-10-19T01:53:32ZPERSEPSI SISWA PROGRAM STUDI BUSANA BUTIK TERHADAP
SARANA PRAKTEK MENJAHIT DALAM MATA DIKLAT
KOMPETENSI KEJURUAN BUSANA DI SMK
NEGERI 6 YOGYAKARTA
TAHUN 2011PERSEPSI SISWA PROGRAM STUDI BUSANA BUTIK TERHADAP
SARANA PRAKTEK MENJAHIT DALAM MATA DIKLAT
KOMPETENSI KEJURUAN BUSANA DI SMK
NEGERI 6 YOGYAKARTA
TAHUN 2011
oleh :
TRIPURNAMANINGSIH
07513245005
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui persepsi siswa program studi
busana butik terhadap sarana praktek menjahit dalam mata diklat kompetensi
kejuruan busana di SMK Negeri 6 Yogyakarta yang ditinjau dari segi kualitas, 2)
untuk mengetahui persepsi siswa program studi busana butik terhadap sarana
praktek menjahit dalam mata diklat kompetensi kejuruan busana di SMK Negeri 6
Yogyakarta yang ditinjau dari segi kecukupan, 3) untuk mengetahui persepsi
siswa program studi busana butik terhadap sarana praktek menjahit dalam mata
diklat kompetensi kejuruan busana di SMK Negeri 6 Yogyakarta yang ditinjau
dari segi kecangihan teknologi, 4) untuk mengetahui persepsi siswa program studi
busana butik terhadap sarana praktek menjahit dalam mata diklat kompetensi
kejuruan busana di SMK Negeri 6 Yogyakarta tahun 2011.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Yogyakarta yang beralamat di
Jalan Kenari No.4 Yogyakarta.merupakan penelitian deskriptif. Populasi adalah
seluruh siswa kelasX program studi busanabutik berjumlah 109siswa.Teknik
pengambilan sampel dengan proportional random sampling berjumlah 84 siswa.
Metode pengambilan data menggunakan angket (quetionnere) dengan skala likert,
Validitas instrumen penelitian diuji menggunakan analisi butir dihitung dengan
rumus korelasi Product moment yang menghasilkan 24 butir soal yang valid.
Reliabilitas 30 butir soal instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha
Cronbach dengan hasil perhitungan 0,948 sangat reliabel. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1)
Persepsi siswa program studi busana butik dengan mean 16,37 persentase
sebanyak 56% menyatakan bahwa kualitas sarana praktek menjahit yang
digunakan berkualitas baik, 44% menyatakan sangat baik 2) Persepsi siswa
program studi busana butik dengan mean 46,58 persentase sebanyak 65,5%
menyatakan kecukupan jumlah sarana praktek menjahit termasuk dalam kategori
baik, 34,5% menyatakan sangat baik 3) Persepsi siswa program studi busana butik
dengan mean 12,45 persentase sebanyak 52,4% menyatakan bahwa kecanggihan
teknologi sarana termasuk dalam kategori baik, 46,4% menyatakan sangat baik,
1,2% menyatakan cukup baik 4) Persepsi siswa program studi busana butik
dengan mean 75,4 persentase sebanyak 76,2% menyatakan bahwa sarana praktek
menjahit baik, 23,8% menyatakan sangat baik.
Kata Kunci : Sarana, persepsi siswa, praktek menjahitNINGSIH TRIPURNAMA