Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:50:45ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-19T06:38:21Z2019-10-01T11:52:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32922This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/329222016-05-19T06:38:21ZPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMP NEGERI 9 YOGYAKARTAUniversitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu institusi pendidikan
selalu mempertahankan dan mengembangakan fungsi untuk mempersiapkan serta
menghasilkan guru dan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap,
pengetahuan dan keterampilan, sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan yang
profesional. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan memberikan bekal kepada
mahasiswa berupa serangkaian mata kuliah praktik antara lain Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL). Tujuan utama dari kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan
pengalaman kepada mahasiswa tentang bagaimana proses pembelajaran disekolah, dalam
rangka belajar dan mengembangkan kompetensi keguruan maupun kependidikan yang
dimiliki.
Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMP Negeri 9 Yogyakarta, praktikan
mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian. Persiapan yang dilakukan
sebelum Praktik Pengalama Lapangan (PPL) yakni pengajaran mikro, pembekalan PPL,
observasi pembelajaran di kelas, dan pembuatan persiapan mengajar. Kegiatan PPL
dimulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 yang terdapat
beberapa kegiatan atau program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yakni penyusunan
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), praktik mengajar di kelas, mempelajari
administrasi guru, bimbingan dengan guru pembimbing lapangan dan dosen pembimbing
lapangan, serta penyusunan dan pelaksanaan evaluasi PPL. Pelaksaan mengajar di kelas
dimulai tanggal 19 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015, sesuai kebijakan
yang diberikan oleh guru pembimbing Matematika di SMP Negeri 9Yogyakarta.
Melalui kegiatan PPL ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh
praktikan dalam hal mengajar. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi guru yang
baik serta dapat memberikan bekal kepada para praktikan untuk dapat mencapai sebuah
proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan kualitas
penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal. Selain itu, diharapkan agar
mahasiswa dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman faktual yang
diperoleh dari kegiatan ini baik dalam hal pengembangan metode pembelajaran dan
variasi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum.TANGGUH YUDHO PAMUNGKAS TANGGUH YUDHO PAMUNGKAS