Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:07:31ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-19T06:55:13Z2019-01-29T19:06:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13275This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/132752015-03-19T06:55:13ZSTUDI KASUS ASPIRASI AKADEMIK NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN SLEMAN KELAS II BPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) aspirasi akademik dan pemenuhan hak pendidikan narapidana anak selama menjalani hukuman penjara di Lapas Sleman Kelas II B, dan 2) faktor pendukung dan penghambat pada aspirasi akademik dan pemenuhan hak pendidikan narapidana anak selama menjalani hukuman penjara di Lapas Sleman Kelas II B.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah narapidana anak yang berusia dibawah 18 tahun sebanyak 3 narapidana anak. Selain itu ada 1 petugas lapas sebagai informan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model interaktif yang meliputi data collection, data reduction, data display, dan conclusions/verifying. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan data penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) aspirasi akademik dalam penelitian ini meliputi: a) aspirasi akademik realistik yakni kesadaran diri sebagai narapidana, adanya perasaan malu dan minder, semangat ingin melanjutkan sekolah dan ingin mengubah image, b) aspirasi jangka panjang yakni menekuni keterampilan yang diberikan Lapas dan melanjutkan sekolah, melanjutkan kuliah dan bekerja sesuai keterampilan, c) aspirasi jangka pendek yakni membaca buku-buku yang berada di perpustakaan Lapas, d) aspirasi positif yakni ingin meningkatkan statusnya dari anak narapidana menjadi lebih bermanfaat bagi orang lain, memperbaiki citra diri di masyarakat, dan e) aspirasi negatif yakni lebih menghindari kegagalan dan penilaian buruk dari masyarakat. 2) faktor pendukung dalam proses terbentuknya aspirasi akademik dan pemenuhan hak pendidikan narapidana anak selama menjalani hukuman penjara di Lapas Sleman Kelas II diantaranya yaitu: faktor fasilitas yang cukup memadai dan dukungan keluarga. Faktor penghambatnya yaitu: ketidaknyamanan berada di LP dan adanya status narapidana menjadikan rasa malu serta minder pada diri subjek dalam penelitian ini.
Kata kunci : aspirasi akademik, narapidana anakFirmansyah Satyo Agus Firmansyahfirmansykes186@yahoo.co.id