Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:43:30ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-22T04:46:29Z2019-10-01T12:04:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37115This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/371152016-07-22T04:46:29ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNY 2014
LOKASI SMP N 4 WATES
Jl. Terbahsari No. 3, Wates, Kulon ProgoPraktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kesempatan bagi
mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima dari
perkuliahan. Pengalaman yang nyata mengenai persiapan, pelaksanaan, evaluasi
hingga analisis proses pembelajaran akan diperoleh oleh mahasiswa yang
melaksanakan kegiatan PPL. Pengalaman ini nantinya akan sangat bermanfaat ketika
mahasiswa telah menjadi tenaga pendidik yang sebenarnya.
Kegiatan PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL
langsung pada lingkungan sekolah dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2014 hingga 17
September 2014. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP
Negeri 4 Wates. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di luar kelas selama
kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
Syarat dari pengajaran pada kegiatan PPL yakni melakukan kegiatan pengajaran
minimal 8 kali pertemuan. Pada kenyataannya, praktikan melakukan pengajaran
sebanyak 32 kali pertemuan. Kelas yang diajar sebanyak 10 kelas, yaitu kelas VIII A,
VIII B, VIII C, VIII D, IX A, IX B, IX C, IX D, IX E, dan IX F. Metode yang
digunakan dalam pengajaran adalah metode saintifik (scientific method) untuk kelas
VIII dan untuk kelas IX masih menggunakan metode Ekplorasi, Elaborasi dan
Konfirmasi (EEK). Model pembelajaran yang digunakan antara lain;Teaching Game
For Understanding (TGFU), Kooperatif Learning, Resiprokal, PeerTeaching, dll.
Kendala yang dialami praktikan ketika melakukan kegiatan pengajaran antara lain
dalam pengelolaan kelas saat beberapa siswa sulit untuk dikondisikan.
Kegiatan PPL ini memberikan pengalaman dan gambaran nyata kepada
praktikan tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Dengan
terselesainya kegiatan PPL ini, diharapkan ketika praktikan telah menjadi tenaga
pendidik akan menjadi tenaga pendidik yang berkualitas.Satrio Pambudi Satrio Pambudi