Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:55:45ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-08T01:15:44Z2019-01-30T10:16:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39001This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/390012016-08-08T01:15:44ZHUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN
KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR
ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM STUDI TEKNIK
AUDIO VIDEO SMK N 2 DEPOK, SLEMANHUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN
KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR DASARDASAR
ELEKTRONIKA SISWA KELAS X PROGRAM STUDI TEKNIK
AUDIO VIDEO SMK N 2 DEPOK, SLEMAN
Oleh:
Satria Handy Kusuma
NIM. 08502244029
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara
kecerdasan emosional dan kemandirian belajar siswa secara sendiri-sendiri
maupun terpisah-pisah dengan prestasi belajar dasar-dasar elektronika siswa kelas
X Program Studi Teknik Audio Video SMK N 2 Depok, Sleman.
Metode penelitian yang digunakan adalah Expost Facto, populasi berjumlah
30 siswa dari seluruh siswa kelas X Program Studi Teknik Audio Video SMK N 2
Depok, Sleman. Data yang diambil untuk variabel bebas menggunakan angket
sedangkan untuk variabel terikat menggunakan metode dokumentasi. Validitas isi
diperoleh melalui judgment ahli dan analisis butir dihitung menggunakan korelasi
product moment untuk seluruh variabel bebasnya. Reliabilitas instrumen
kecerdasan emosional dan kemandirian belajar siswa dengan koefisien Alpha
Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif, korelasi
dan regresi dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian kelas X Program Studi Teknik Audio Video SMK N 2
Depok, Sleman menemukan adanya hubungan yang positif dan signifikan dari
kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa dapat dilihat nilai rhitung
sebesar 0,559 dan rtabel 0,361 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. Adanya
hubungan yang positif dan signifikan dari kemandirian belajar dengan prestasi
belajar siswa dapat dilihat nilai rhitung sebesar 0,509 dan rtabel 0,361 dengan
signifikansi lebih kecil dari 0,05. Adanya hubungan yang positif dan signifikan
antara kecerdasan emocional dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar
siswa dapat dilihat nilai rhitung sebesar 0,702 dan rtabel 0,361 dengan signifikansi
lebih kecil dari 0,05.
Kata kunci: kecerdasan emosional (EQ), kemandirian belajar, dan prestasi
belajarHandy Kusuma Satria