Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:59:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-01T01:17:06Z2019-01-29T19:33:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14128This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/141282015-07-01T01:17:06ZPERSEPSI SISWA TERHADAP PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA DAN SMK PIRI SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pelayanan tenaga administrasi sekolah di SMA PIRI 1 Yogyakarta dan SMK PIRI Sleman dilihat dari aspek bukti fisik, keandalan,ketanggapan, jaminan, dan empati.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa SMA PIRI 1 Yogyakarta dan SMK PIRI Sleman. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 212 siswa yang terdiri dari 70 SMA PIRI dan 142 SMK PIRI. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen penelitian dengan menggunakan analisis butir, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pelayanan tenaga administrasi sekolah di SMA PIRI 1 Yogyakarta dilihat dari aspek bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati dikategorikan memuaskan dengan skor rerata 71,2%. Tiap-tiap aspek dinilai sebagai berikut: aspek bukti fisik memuaskan (73,8%), keandalan memuaskan (70,7%), ketanggapan memuaskan (73,6%), jaminan memuaskan (68,6%), dan empti (69,5%). Persepsi siswa terhadap pelayanan tenaga administrasi sekolah di SMK PIRI Sleman dilihat dari aspekbukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati dikategorikan memuaskan dengan skor rerata 81,6%. Tiap-tiap aspek dinilai sebagai berikut: aspek bukti fisik sangat memuaskan (81,6%), keandalan memuaskan (77,4%), ketanggapan memuaskan (78,6%), jaminan memuaskan (75,5%), dan empati memuaskan (75,6%).
Kata kunci: persepsi siswa, pelayanan tenaga administrasi sekolah.Wulandari Sastiapfip@uny.ac.id