Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:14:07ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-02T05:31:24Z2019-01-29T20:10:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15191This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/151912015-04-02T05:31:24ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENYAWA KARBON
UNTUK SMA/MA DENGAN PENDEKATAN CHEMO-
ENTREPRENEURSHIP (CEP) MENGGUNAKAN
MACROMEDIA FLASH 8Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran untuk pendidikan kimia. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) menyusun media pembelajaran senyawa karbon untuk SMA/MA dan (2) mengetahui kualitas media pembelajaran senyawa karbon tersebut berdasarkan penilaian guru SMA/MA. Produk akhir penelitian ini berupa CD pembelajaran interaktif senyawa karbon dengan menggunakan pendekatan Chemo-Entrepreneurship.
Penyusunan CD pembelajaran interaktif ini mendapatkan masukan dari dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media, ahli materi, dan peer reviewer. Instrumen penilaian CD pembelajaran interaktif berupa angket yang berisi aspek dan kriteria kualitas media. Instrumen penilaian tersebut meliputi 11 aspek dan 59 indikator penilaian. Penilaian dilakukan oleh 5 orang guru kimia SMA/MA wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penilaian berupa data kuantitatif yang diubah menjadi data kualitatif, kemudian diatabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas CD pembelajaran interaktif.
CD pembelajaran interaktif ini terdiri atas 3 materi utama yaitu bioetanol, biogas, dan tape singkong. Setiap materi dilengkapi dengan cara pembuatan serta analisis usaha pembuatan produk-produk tersebut sehingga dapat membangkitkan entrepreneur spirit bagi siswa. Berdasarkan penilaian 5 orang guru kimia SMA/MA, CD pembelajaran interaktif ini mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 264,2 yang diatas skor ideal 236. Oleh karena itu, CD pembelajaran interaktif ini dapat digunakan sebagai sumber belajar berwirausaha bagi siswa SMA/MA.Khairani Sarwinda2015-03-12T06:43:20Z2019-05-09T01:21:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12738This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/127382015-03-12T06:43:20ZPengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berpendekatan CTL Materi Ksp untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis SiswaPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran audio visual berpendekatan CTL yang valid untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis secara signifikan. dan (2) mengetahui keefektifan penggunaan media audio visual berpendekatan CTL dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) pengembangan produk, dan (3) evaluasi/penilaian. Tahapan penelitian pendahuluan merupakan tahapan yang mencakup penetapan materi pembelajaran, analisis kebutuhan produk media audio visual dan penetapan pendekatan yang digunakan. Tahap pengembangan produk yaitu tahapan penentuan program, indikator, tujuan pembelajaran, perancangan muatan materi pembelajaran, membuat produk media audio visual, dan mewujudkannya dalam bentuk Compact disk (CD). Tahap evaluasi/penilaian produk dilakukan dengan evaluasi produk media pembelajaran audio visual oleh ahli materi, ahli media, guru kimia, teman sejawat, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Subjek coba dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran sedangkan. Objek dalam penelitian ini yaitu produk media audio visual berpendekatan CTL. Polpulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah sisa kelas XI IPA 5 dan 6 SMA N 6 Yogyakarta. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak. Instrumen yang digunakan yaitu angket penilaian media, observasi, angket motivasi dan tes kemampuan berpikir kritis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media audio visual berpendekatan CTL berhasil dikembangkan menggunakan model Borg & Gall dan dikatakan valid ditinjau dari aspek materi, kontekstual, motivasi, berpikir kritis, evaluasi, pembukaan, teks/huruf, warna, gambar, suara, animasi, penggunaan bahasa oleh ahli materi, ahli media, guru kimia, dan teman sejawat secara umum mendapatkan penilaian dengan kategori baik. Hasil penilaian tersebut membuktikan bahwa produk media audio visual berpendekatan CTL layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran. (2) Motivasi belajar siswa meningkat terbukti dengan siswa merasa lebih antusisas, tertarik, dan senang dalam mengikuti proses pembelajaran. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen ada 25 orang yang mencapai ketuntasan belajar dan 6 orang tidak mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada kelas kontrol 20 orang mencapai ketuntasan belajar dan 12 orang tidak mencapai ketuntasan belajar. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio visual berpendekatan CTL dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswaKhairani Sarwinda