Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:16:45ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-04T04:34:38Z2019-01-30T10:13:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38736This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/387362016-08-04T04:34:38ZPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEORI PEMESINAN
DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANANPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEORI PEMESINAN
DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN
Oleh
Sartana
NIM 10503245002
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkahlangkah
atau prosedur pengembangan modul pembelajaran teori
pemesinan, dan kelayakan modul teori pemesinan serta mengetahui
prestasi siswa setelah diajarkan menggunakan modul teori pemesinan
terhadap siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan Jurusan Teknik
Pemesinan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan
(Research and Development) dengan analisis deskriptif kuantitatif.
Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Objek
penelitian berupa pengembangan modul pembelajaran teori pemesinan.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara,
observasi, angket dan pre tes - post tes. Untuk mengetahui prestasi siswa
setelah diajarkan menggunakan modul dengan menggunakan teknik
pretest-posttest control group design.
Hasil penelitian meliputi proses pengembangan modul
pembelajaran teori pemesinan melalui beberapa tahapan yaitu (1)
identifikasi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi
desain, (5) revisi desain, (6) uji terbatas, (7) revisi I, (8) uji lapangan, (9)
revisi II, (10) produk jadi dan dapat digunakan untuk belajar siswa SMK
Muhammadiyah Prambanan Jurusan Teknik Pemesinan kelas XI. Uji
kelayakan didapat data kelayakan dari ahli materi I dengan persentase
kelayakan sebesar 72.5 %, dengan kategori cukup layak, ahli materi II
sebesar 100 % dengan kategori layak, ahli media sebesar 80 % dengan
kategori layak, uji terbatas sebesar 87.90 % dengan kategori layak dan uji
lapangan sebesar 84.09 % dengan kategori layak. Modul yang sudah layak
tersebut digunakan sebagai media pembelajaran. Kelas XI TPA kelas yang
proses pembelajarannya menggunakan modul dan kelas XI TPB diajarkan
menggunakan metode ceramah. Hasil pembelajaran mengalami
peningkatan setelah diajarkan menggunakan modul berdasarkan nilai ratarata
kelas pre tes dan post tes kelas XI TPA dan kelas XI TPB. Kelas XI
TPA mendapat nilai rata-rata pre tes - post tes sebesar 61.08, sedangkan
kelas XI TPB mendapat nilai rata-rata pre tes-post tes sebesar 19.12 jadi
pengaruh modul teori pemesinan terhadap prestasi siswa sebesar 41.96.
Kata kunci: modul teori pemesinan, SMK Muhammadiyah PrambananSartana Sartana