Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:17:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-13T01:39:32Z2019-01-29T17:45:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8730This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87302012-12-13T01:39:32ZPENINGKATAN PEMBELAJARAN SMASH BOLAVOLI MINI MELALUI
PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV
DI SD NEGERI 2 TANJUNGANOM
KALIWIRO WONOSOBOPenelitian ini dilatar belakang oleh permasalahan banyaknya siswa kelas IV
belum menguasai teknik dasar smash dengan benar dan beberapa siswa yang takut
terhadap bola untuk melakukan smash. Penelitian ini bertujuan Untuk
meningkatan meningkatkan pembelajaran smash bolavoli mini melalui
pendekatan bermain pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Tanjunganom Kaliwiro
Wonosobo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 1 siklus
yang terdiri dari 4 pertemuan, dan tahapan dalam satu siklus terdiri dari
perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanjunganom dengan jumlah 19 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pengamatan yang dilakukan oleh kolabolator, hasil tes siswa yang dilakukan oleh
kolabolator dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan bermain dapat
meningkatkan hasil pembelajaran smash pada siswa kelas IV SD Negeri 2
Tanjunganom Kaliwiro Wonosobo. Berdasarkan data hasil pengamatan guru,
maka pelaksanaan pembelajaran smash dengan menggunakan pendekatan bermain
berlangsung dengan baik pada tiap siklus. Hasil nilai rata-rata kelas dari data awal
sebesar 56,4 (52,6% siswa yang tuntas) dan meningkat pada siklus 1 sebesar 81,9
(100% siswa yang tuntas), peningkatan yang terjadi diantara data awal dengan
siklus 1 adalah sebesar 47,4%. Sedangkan hasil wawancara dengan siswa
menyebutkan bahwa bagi siswa pembelajaran smash yang dilakukan guru sangat
menyenangkan dan merupakan pembelajaran baru bagi siswa.
Kata kunci: smash, bolavoli mini, pendekatan bermain.Sarman Sarman