Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:03:50ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-09-29T07:58:23Z2019-01-30T11:09:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41852This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/418522016-09-29T07:58:23ZPENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR WEB (E-LEARNING)
PERMAINAN BOLA BASKET BERBASIS MOODLE
UNTUK SMA/MA/SMK KELAS XDiperlukannya media belajar permainan bola basket untuk peserta didik
yang berbasis internet menjadi dasar penelitian ini dilakukan. Penelitian yang
dilakukan bertujuan untuk menghasilkan sebuah media belajar internet berupa
web (e-learning) permainan bola basket berbasis moodle untuk SMA/MA/SMK
kelas X yang tervalidasi.
Penelitian ini termasuk penelitian jenis Research and Development
(R&D), dengan tahapan menurut Sugiyono (2012: 408 – 426): (1) potensi dan
masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi
desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, (9) revisi
produk, (10) produk masal. Produk media belajar tersebut dievaluasi oleh ahli
materi dan ahli media dengan validasi sampai mendapatkan kualitas media yang
baik dan layak untuk diuji cobakan di sekolah. Selanjutnya media dinilai oleh
guru Penjas dan uji coba media kepada peserta didik kelas X. Cara untuk
mengumpulkan data menggunakan angket, sedangkan untuk menganalisis data
menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian yaitu: dihasilkan media belajar web (e-learning)
permainan bola basket berbasis moodle untuk SMA/MA/SMK kelas X yang
tervalidasi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi, ahli media,
penilaian guru penjas, dan pendapat peserta didik dengan persentase 85,75% dan
tergolong sangat baikSarjuni Sarjuni2016-08-03T04:41:02Z2019-10-01T12:04:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38478This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/384782016-08-03T04:41:02ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTAMata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa
kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL). Dalam hal ini, penyusun melaksanakan praktik pengalaman
lapangan ini bertujuan untuk memperoleh pengalaman tentang proses
pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal
untuk menjadi calon tanaga pendidik. Penyusun diharapkan memiliki nilai,
sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang
pendidik.
Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan
PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar,
pelakasanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar
dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada
Guru Pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL di kelas X MIA 1, kelas
X MIA 2, kelas X IIS I, kelas X IIS 2, kelas X1 IIS 1, kelas XII IPA 2, kelas
XII IPS 1, dan kelas XII IPS 3
Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMA
Negeri 1 Pakem ini dapat diperoleh hasilnya yaitu berupa penerapan ilmu
pengetahuan dan praktik mengajar di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan
dan Rekreasi yang didapatkan selama di bangku perkuliahan. Meskipun
demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL ini. Penyusun
berharap supaya hubungan kerjasama antara pihak sekolah dan PL PPL dan
PKL UNY tetap terjaga dengan baik.Sarjuni Sarjuni