Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:22:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-12-03T13:24:17Z2019-01-30T05:44:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28647This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/286472015-12-03T13:24:17ZKEEFEKTIFAN STRATEGI PERTANYAAN MENUJU PARAGRAF
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI
PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan perbedaan kemampuan
menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sleman yang mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan strategi Pertanyaan Menuju Paragraf dan siswa
yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Pertanyaan Menuju
Paragraf; (2) menguji keefektifan strategi Pertanyaan Menuju Paragraf dalam
pembelajaran menulis eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
eksperimen. Desain penelitian ini adalah tes awal tes akhir control group design.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sleman. Berdasarkan
teknik cluster random sampling ditetapkan kelas X6 sebagai kelompok eksperimen
dan kelas X1 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes
berupa tes awal dan tes akhir. Validitas instrumen berupa validitas isi. Teknik
analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan
analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas
sebaran dan uji homogenitas varians. Pengujian dilakukan dengan bantuan
komputer program SPSS 22.0 menunjukkan data tes awal dan test akhir
berdistribusi normal dan homogen.
Analisis uji-t data test akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
diperoleh bahwa t hitung adalah 3,488 dengan db 62 diperoleh nilai p sebesar 0,001.
Jadi, nilai t hitung lebih besar daripada t tabel (3,488 < 1,999) dan nilai p lebih kecil
dari 0,05 (p = 0,001> 0,05) yang berarti signifikan. Gain score yang diperoleh
kelompok eksperimen sebesar 13,50, sedangkan gain score kelompok kontrol
sebesar 9,56. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa gain score kelompok
eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Simpulan penelitian ini
berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis
eksposisi yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran dengan
menggunakan strategi Pertanyaan Menuju Paragraf dengan siswa yang diberi
pembelajaran tanpa menggunakan strategi Pertanyaan Menuju Paragraf; (2)
penggunaan strategi Pertanyaan Menuju Paragraf efektif digunakan dalam
pembelajaran menulis eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sleman.Moh Sarifudin