Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:30:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2020-03-11T01:17:31Z2023-02-23T03:28:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67838This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/678382020-03-11T01:17:31ZEfektivitas Guided Discovery Learning Disertai Concept Mapping terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Endokrin Kelas XI SMA.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) model guided discovery learning disertai concept mapping terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA, 2) pengaruh guided discovery learning dengan pendekatan saintifik (5M) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA, dan 3) pengaruh guided discovery learning disertai concept mapping dengan pendekatan saintifik (5M) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent pretest-posttest control-group design. Populasi penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas XI SMA N 2 Ngaglik. Sampel penelitian yaitu menggunakan 3 kelas, dengan rincian sebagai berikut: kelas XI MIPA 1 (strategi pendekatan saintifik 5M), kelas XI MIPA 3 (guided discovery learning) dan kelas XI MIPA 4 (guided discovery learning disertai concept mapping). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pengukuran pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA dan membandingkan N gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model guided discovery learning disertai concept mapping efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA, 2) terdapat perbedaan antara model guided discovery learning dengan scientific approach (5M) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA dan 3) terdapat perbedaan antara model guided discovery learning disertai concept mapping dengan scientific approach (5M) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA tahun ajaran 2018/2019.Ratna Yunita SariHeru Nurcahyo2015-12-03T13:24:25Z2019-01-30T05:44:10Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28649This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/286492015-12-03T13:24:25ZUJI KEMAMPUAN ISOLAT BAKTERI TERMOFILIK ASAL KALI GENDOL ATAS PASCA ERUPSI MERAPI DALAM MEREDUKSI LOGAM BERAT TIMBAL (Pb)Ratna Yunita Sari