Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:30:07ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-01T02:27:49Z2019-01-30T00:28:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22198This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/221982015-07-01T02:27:49ZRESEPSI DONGENG PADA SISWA SD UNGARAN I YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) resepsi dan 2) horizon harapan siswa SD Ungaran I Yogyakarta terhadap dongeng.
Subyek penelitian ini adalah siswa SD Ungaran I Yogyakarta yang berada pada kelas III, IV dan V.. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Ungaran I Yogyakarta yang berjumlah 120 siswa , sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SD Ungaran I Yogyakarta yang terdiri dari kurang lebih 40 siswa. Teknik penyampelan yang digunakan adalah Simple Non Random Sampling (pengambilan sampel secara tidak acak). Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan tingkat usia anak. Objek dalam penelitian ini adalah dongeng. Data yang diperoleh dengan teknik kuisioner dan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil resepsi siswa SD Ungaran I Yogyakarta kelas III – V termasuk beragam, hal ini dapat terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada siswa yang menyatakan bahwa mereka menyukai dan tertarik terhadap dongeng dan ada siswa yang menyatakan tidak menyukai dongeng; 2) horizon harapan siswa SD Ungaran I Yogyakarta kelas III – V terhadap sebuah dongeng termasuk baik; hal ini dapat terlihat dari hasil penelitian yang menyebutkan bahwa sebanyak 33 dari 40 siswa merasakan dampak positif dari dongeng yang telah mereka peroleh seperti lebih menghargai orang tua dan lingkungan sekitar, menambah wawasan, lebih rajin belajar, lebih menghargai sejarah, serta menambah rasa percaya diri.Mira Permana Sari