Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:33:40ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-12-16T07:21:02Z2019-01-30T05:47:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28806This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/288062015-12-16T07:21:02ZPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SMP N 2 TEMPELPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menerapkan metode
pebelajaran kooperatiftipe Team Assisted Individualization.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian
yang bersifat reflektif dengan melakukan berbagai tindakan guna memperbaiki
dan meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IX D di SMP N 2 Tempel yang nilai rata-rata kelas masih
rendah atau kurang dari 75 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM)
khususnya pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan
dokumentasi. Untuk menganalisis data dari hasil lembar observasi aktivitas dan
nilai rata-rata kelas menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan dengan menggunakan metode kooperatif tipe TAl dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat pada nilai
rata-rata aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dengan adanya
peningkatan pada siklus I nilai aktivitas siswa adalah sebesar 46,69 mempunyai
tingkat aktivitas rendah. Siklus II tingkat aktivitas belajar siswa meningkat, yaitu
70,56 mempunyai tingkat aktivitas belajar siswa tinggi. Hal ini, menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas belajar siswa dalam proses
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan mengunakan metode
kooperatiftipe Team Asisted Individualization (TAl). Nilai rata-rata hasil belajar
pada pre test siklus I 64,30 dan nilai rata-rata post test siklus I 72,14 dan post test
siklus II 78,05. Masing-rnasing nilai rata-rata hasil belajar siswa pada post test daJ?,
pre test siklus I dan II mengalami kenaikan. Hal ini membuktikan bahwa terjadi
peningkatan tiap siklusnya.Dyah Ika Puspita Sari