Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:11:24ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-12T06:42:40Z2022-12-26T07:44:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12816This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/128162015-03-12T06:42:40ZKeefektifan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Talang Empat, Bengkulu TengahPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan supervisi akademik yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut, kesulitan yang muncul, dan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengatasinya.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif, Populasi penelitian adalah semua kepala sekolah dan guru di tujuh SD di Kecamatan Talang Empat, Bengkulu Tengah. Sampel Sejumlah tujuh kepala sekolah dan 42 guru ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai cara utama. Analisis data dengan menggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan supervisi akademik pada kategori efektif. (2) Pelaksanaan supervisi akademik pada kategori efektif. (3) Tindak lanjut supervisi akademik pada kategori efektif. Secara umum supervisi akademik oleh kepala sekolah dasar negeri sekecamatan Talang Empat, Bengkulu Tengah efektif. (4) Kesulitan yang dihadapi adalah Kepala Sekolah yang kurang professional dan birokrasi yang rumit. (5) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan antara lain : meningkatkan kompetensi melalui partisipasi aktif dalam kelompok kerja Kepala Sekolah (K3S) dan kelompok kerja guru (KKG) sebagai wadah pembinaan professional dan peningkatan mutu pendidikan, mengikuti workshop dan seminar peningkatan mutu pendidikan, peningkatan kualifikasi pendidikan, serta mengangkat tenaga administrasi/tata usaha sekolah secara mandiri.Ajeng lentika Sari