Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:19:53ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-09-15T07:15:48Z2019-01-30T10:58:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41366This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/413662016-09-15T07:15:48Z[Ringkasan Skripsi] PENGARUH FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) TERHADAP PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 WONOGIRIPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh Facebook sebagai
media pembelajaran PKn terhadap prestasi peserta didik kelas X di SMA Negeri 2
Wonogiri, dan (2) pengaruh Facebook sebagai media pembelajaran PKn terhadap
kemandirian belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Wonogiri.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental).
Penelitian eksperimen semu melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang mendapatkan treatment
(perlakuan) baru yang sedang diselidiki, sedangkan kelas kontrol merupakan kelas
yang mendapat treatment (perlakuan) berbeda atau seperti biasa.Tes prestasi
dilakukan sebelum dan sesudah dilakukan treatmen terhadap masing-masing kelas
berupa pre-test dan post-test. Hasil test prestasi dan observasi dilakukan uji
prasyarat analisis yang tediri dari uji normalitas sebaran dan uji homogenitas
variansi. Setelah mendapat hasil normal serta homogen, dilakukan uji hipotesis
statistik dengan menggunakan uji-t. Perolehan data dari uji-t, menentukan
signifikansi pengaruh Facebook sebagai media pembelajaran PKn terhadap
prestasi dan kemandirian belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dalam uji-t prestasi didapatkan hasil
thitung (to) sebesar 2,253>ttabel=2,002, dan nilai signifikansinya sebesar 0,028, yang
artinya bahwa nilai signifikansi untuk prestasi peserta didik lebih kecil dari nilai
taraf signifikansi 5% (0,028<0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap peningkatan prestasi peserta didik yang menggunakan
Facebook sebagai media pembelajaran (2) Dalam uji-t kemandirian belajar thitung
(to) sebesar 3,215>ttabel=2,002, dan nilai signifikansinya 0,002 yang artinya bahwa
nilai signifikansi untuk kemandirian belajar peserta didik lebih kecil dari nilai
taraf signifikansi 5% (0,002<0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap tingginya kemandirian belajar peserta didik yang
menggunakan Facebook sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: pengaruh Facebook, pembelajaran PKn, kemandirian belajarAnindyawan Mursit Saputra2016-09-15T07:14:01Z2019-01-30T10:58:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41364This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/413642016-09-15T07:14:01ZPENGARUH FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) TERHADAP PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 WONOGIRIPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh Facebook sebagai
media pembelajaran PKn terhadap prestasi peserta didik kelas X di SMA Negeri 2
Wonogiri, dan (2) pengaruh Facebook sebagai media pembelajaran PKn terhadap
kemandirian belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Wonogiri.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental).
Penelitian eksperimen semu melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang mendapatkan treatment
(perlakuan) baru yang sedang diselidiki, sedangkan kelas kontrol merupakan kelas
yang mendapat treatment (perlakuan) berbeda atau seperti biasa.Tes prestasi
dilakukan sebelum dan sesudah dilakukan treatmen terhadap masing-masing kelas
berupa pre-test dan post-test. Hasil test prestasi dan observasi dilakukan uji
prasyarat analisis yang tediri dari uji normalitas sebaran dan uji homogenitas
variansi. Setelah mendapat hasil normal serta homogen, dilakukan uji hipotesis
statistik dengan menggunakan uji-t. Perolehan data dari uji-t, menentukan
signifikansi pengaruh Facebook sebagai media pembelajaran PKn terhadap
prestasi dan kemandirian belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dalam uji-t prestasi didapatkan hasil
thitung (to) sebesar 2,253>ttabel=2,002, dan nilai signifikansinya sebesar 0,028, yang
artinya bahwa nilai signifikansi untuk prestasi peserta didik lebih kecil dari nilai
taraf signifikansi 5% (0,028<0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap peningkatan prestasi peserta didik yang menggunakan
Facebook sebagai media pembelajaran (2) Dalam uji-t kemandirian belajar thitung
(to) sebesar 3,215>ttabel=2,002, dan nilai signifikansinya 0,002 yang artinya bahwa
nilai signifikansi untuk kemandirian belajar peserta didik lebih kecil dari nilai
taraf signifikansi 5% (0,002<0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap tingginya kemandirian belajar peserta didik yang
menggunakan Facebook sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: pengaruh Facebook, pembelajaran PKn, kemandirian belajarAnindyawan Mursit Saputra