Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:34:33ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-16T05:40:09Z2019-01-29T21:13:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16770This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/167702015-04-16T05:40:09ZEFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP TERHADAP MINAT BELAJAR KIMIA SISWAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada atau tidak adanya perbedaan antara minat belajar kimia sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan metode Buzz Group dan (2) ada atau tidak adanya perbedaan antara minat belajar kimia setelah pembelajaran dengan menggunakan metode Buzz Group dan pembelajaran menggunakan metode konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Faktor yang diamati dalam penelitian ini adalah minat belajar kimia siswa sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran Buzz Group. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran kimia dengan menggunakan metode Buzz Group sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah minat belajar kimia siswa.
Berdasarkan hasil analisis data uji t sama subjek, t hitung lebih kecil dari t tabel dan probabilitas lebih besar dari 0,05 dapat disimpulkan bahwa Ho diterima yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara minat belajar kimia sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan metode Buzz Group. Sedangkan untuk analisis uji t beda subjek nilai t hitung lebih kecil dari t tabel dan probabilitas lebih besar dari 0,05 dapat disimpulkan bahwa Ho diterima yang berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara minat belajar kimia sesudah pembelajaran dengan menggunakan metode Buzz Group dan minat belajar kimia dengan metode konvensional.
Kata Kunci : Pembelajaran Kimia, Metode Buzz Group, dan Minat Belajar Kimia SiswaSepthiani Santy