Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:39:24ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-15T03:38:50Z2019-01-30T12:20:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44706This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/447062016-12-15T03:38:50ZFAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR DAN
SOLUSI PENANGANAN PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK
SEPEDA MOTOR SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPUROTujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui faktor-faktor yang
menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa ditinjau dari faktor instrinsik
dengan indikator cita-cita siswa, kemampuan siswa, kondisi siswa dan ditinjau
dari faktor ekstrinsik dengan indikator kondisi lingkungan siswa,
unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran, upaya guru dalam
membelajarkan siswa; (2) Peneliti dapat menentukan solusi penanganan
rendahnya motivasibelajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah
semua siswa kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1
Bambanglipuro, 30 siswa digunakan sebagai responden uji coba instrumen dan
120 siswa digunakan sebagai responden penelitian untuk mengetahui faktorfaktor
penyebab rendahnya motivasi belajar siswa. Untuk menentukan solusi
penangananan rendahnya motivasi belajar menggunakan 5 guru sebagai
responden, diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan
dengan angket. Analisis data dilakukan dengan kuantitatif persentase untuk
responden siswa dan kualitatif reduksi untuk responden guru.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Faktor-faktor penyebab rendahnya
motivasi belajar siswa adalah dari faktor ekstrinsik sebesar 51,88% meliputi
unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran sebesar 19,01%; upaya
guru dalam membelajarkan siswa sebesar 17,07% dan kondisi lingkungan siswa
sebesar 15,80%. Sedangkan dari faktor intrinsik sebesar 48,12% meliputi
kondisi siswa sebesar 18,04%; kemampuan siswa sebesar 16,25% dan cita-cita
siswa sebesar 13,83%; (2) Solusi penanganan bagi rendahnya motivasi belajar
siswa dengan peningkatkan kualitas kinerja guru, melatih kedisplinan siswa,
menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa, menggunakan metode
pembelajaran sesuai kemampuan pemahaman siswa, meningkatkan koordinasi
dengan orang tua siswa untuk memantau siswa di luar sekolah dan menjelaskan
manfaat belajar di Jurusan Teknik Sepeda Motor pada siswa.
Kata Kunci: Rendahnya Motivasi Belajar, Solusi Penanganan, Teknik Sepeda
Motor.Dwi Tri Santosa