Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:48:48ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-08-21T04:22:55Z2019-05-09T02:36:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25404This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/254042015-08-21T04:22:55ZPengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Santifik pada Materi Pokok Geometri Ruang SMPTujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada materi pokok geometri ruang SMP yang memenuhi kriteria kualitas: valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari empat langkah: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) diseminasi. Uji coba terbatas melibatkan dua orang guru matematika dan 12 siswa kelas IX yang mewakili siswa yang memiliki kemampuan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Uji coba lapangan melibatkan 36 siswa kelas VIII.1 di SMP N 3 Kuta Selatan provinsi Bali, dan dua orang guru sebagai guru mitra dan pengamat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, lembar penilaian kepraktisan oleh siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen penilaian hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif untuk data yang berupa saran dan komentar, sedangkan data berupa skor dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan instrumen penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS, RPP, dan instrumen penilaian memenuhi kriteria valid yang ditunjukkan dari persentase penilaian ahli mencapai 100%. LKS, RPP, dan instrumen penilaian memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan penilaian oleh guru dan siswa yang termasuk dalam kategori sangat baik. Produk memenuhi kriteria kepraktisan juga berdasarkan persentase keterlaksaan pembelajaran yang melebihi 80%. RPP dan LKS memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil belajar siswa pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Persentase siswa yang mencapai KKM untuk kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan melebihi 75%. Berdasarkan hasil yang disebutkan di atas maka produk berupa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas.I ketut loka Santi