Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:22:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-18T02:45:20Z2019-10-01T11:52:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36594This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/365942016-07-18T02:45:20ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMP N 5 SLEMANUniversitas Negeri Yogyakarta mempunyai program Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan
sebagai tenaga kependidikan sebagai kegiatan yang menyangkut profesinya sebagai
tenaga pendidik dan terus harapkan program PPL ini dapat mempersiapkan serta
menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap,
pengetahuan, dan keterampilan sehingga menjelma menjadi tenaga profesional
pendidikan.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki misi yaitu untuk menyiapkan
dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap,
pengetahuan dan ketrampilan secara profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan
sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai
sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan.
Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2015 adalah SMP N 5 Sleman yang
beralamat di Karangasem, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta.
Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus - 12 September 2015.
Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang
terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan
evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu.
Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VII B, VII D, VIII A, VIII C dan IX C. Selain
itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), piket di ruang piket, piket membantu TU, dan
lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini
diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang
profesional.
Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan di SMP N 5 Sleman
ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan
praktik keguruan di bidang pendidikan matematika yang diperoleh di bangku
perkuliahan. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari
hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya
semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.Sandro Adiyatna Sandro Adiyatna