Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:49:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-16T00:37:02Z2019-10-01T11:40:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45859This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/458592017-01-16T00:37:02ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
LOKASI : SMA NEGERI 1 MINGGIR
PAKERAN, SENDANGMULYO MINGGIR SLEMAN
15 JULI –15 SEPTEMBER 2016PPL adalah praktik pengalaman lapangan merupakan suatu kegiatan aplikatif yang dilakukan oleh mahasiswa ke sekolah langsung. Dengan kegiatan ini maka mahasiswa dapat mengasah keterampilannya dan kompetensinya sebagai calon pendidik yang baik. Di bangku perkuliahan didapatkan ilmu sebagai bekal menjadi pendidik yang baik sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah mengasah keterampilan mahasiswa dan kompetensinya baik kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional,dan sosial serta dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam mengajar dan melakukan pembelajaran yang baik khususnya pembelajaran kimia.
Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini dilakukan di SMA N 1 Minggir ini dilakukan sekitar kurang lebih 2 bulan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL ini,terddapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan atau praktik kegiatan sekolah. Kegiatan praktik mengajar di kelas berupa praktik langsung mengajar di kelas dengan dibimbing oleh Guru Pembimbng yaitu Puji Mulyaningsih, S.Pd. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas X dan XI yaitu kelas X MIPA 1 dan XI IPA 1. Sementara kegiatan praktik persekolahan dimaksudkan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar belajar mengajar. Kegiatan ini juga meliputi piket guru dan Perpustakaan serta memberikan pelajaran tambahan materi Kimia untuk siswa yang bertugas Paskib.
Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 20 kali pertemuan di kelas dan melakukan kegiatan praktik persekolahan maka didapatkan hasil bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam mengajar pembelajaran kimia dalam kelas yang berjalan sesuai dengan RPP. Hambatan yang ada dapat dipecahkan berkat beberapa bantuan dari Guru pembimbing dan DPL Pembimbing Lapangan sehingga kegiatan PPL dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang banyak untuk mahasiswa calon pendidik.Safitri Lestari Safitri Lestari2016-06-22T08:08:27Z2019-10-01T11:52:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35136This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/351362016-06-22T08:08:27ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
LOKASI :
SMK YPKK 2 SLEMANProgram PPL merupakan salah satu cara yang digunakan oleh Universitas
Negeri Yogyakarta untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam
mengaplikasikan ilmu pengtahuan dari kampus kepada seluruh warga sekolah dan
lingkungan. Tujuan dari PPL yaitu memberikan pengalaman kepada mahasiswa
dalam pengelolaan sekolah dan mengembangkan kompetensi di bidang
pendidikan, melatih mahasiswa dalam mengenal seluk-beluk sekolah, menjalin
kerjasama antar anggota tim PPL dan antara Universitas Negeri Yogyakarta
dengan pihak sekolah.
Program PPL dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan
tanggal 12 September 2015. Praktik mengajar dilaksanakan oleh 12 orang
mahasiswa yang berasal dari program studi Pendidikan Bahasa Jawa, Pendidikan
Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi,
serta Bimbingan Konseling. Tiap mahasiswa didampingi oleh satu guru
pembimbing pengampu mata pelajaran yang sesuai dengan program studi tiap
mahasiswa. Program kelompok yang dilaksanakan antara lain: Piket harian
sekolah, Pendampingan rangkaian lomba 17 Agustus, Pembuatan Poster,
Stikerisasi, Pendampingan Upacara Hari Senin & 17 Agustus, Administrasi guru,
Pendampingan Pramuka, Pendampingan Ekstrakurikuler dan Pendampingan
latihan untuk lomba antar YPKK. Program PPL individu yang dilaksanakan
antara lain: Praktik mengajar, Bimbingan DPL, Konsultasi guru pembimbing.
Dengan adanya kegiatan PPL, mahasiswa mendapat bekal, pengalaman
dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan.
Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangatlah
mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik. Kegiatan PPL
tersebut telah dilaksanakan oleh mahasiswa dengan baik meskipun ada hambatan
dalam kegiatan tersebut akan tetapi dapat teratasi dengan baik atas kerjasama
antara mahasiswa dan pihak sekolah.Safitri Lestari Safitri Lestari