Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:14:35ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-02-29T07:15:34Z2019-01-30T06:45:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30113This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/301132016-02-29T07:15:34ZPENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SDN WINONGO TIRTONIRMOLO, BANTUL, YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw kelas III SD Negeri Tirtonirmolo, Bantul Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) model Kemmisdan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahunajaran 2014/2015 dalam dua siklus setiap siklus ada dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas III SDN Winongo yang berumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi,dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri Winongo Tirtonirmolo, Bantul Yogyakarta meningkat setelah diterapkan metode cooperative learning tipe jigsaw. Hasil belajar yang diproleh siswa dari pra tindakan, siklus I, ke siklus II berturut-turut adalah 61,55, 66,9, 83,25. Jumlah siswa yang belum mencapai KKM dari pra tindakan, siklus I, ke siklus II berturu-turut sebesar (40%), (70%), (90). Hasil belajar pada siklus II meningkat setelah refleksi siklus I dilakukan perbaikkan pada siklus II. Pada siklus II guru melakukan kegiatan apersepsi, membimbing siswa dalam berdiskusi, memotivasi siswa agar berani dalam mengemukakan pendapatnya dan memberikan tindak lanjut berupa tugas rumah.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Metode Cooperative LearningType JigsawLusi Safiana