Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:37:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-03-28T03:35:03Z2019-01-29T18:34:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10296This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/102962013-03-28T03:35:03ZPERANAN PENGUATAN UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I
SD NEGERI BERBAH I SLEMAN
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SD Negeri Berbah I Sleman dengan menggunakan penguatan verbal dan nonverbal secara bersama- sama.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Robin Mc Taggart yaitu meliputi : (1) perencanaan, (2) tindakan dan observasi,(3) refleksi dan revisi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus melalui tiga pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Berbah I Sleman yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 14 siswa putri.Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes dan observasi berfungsi untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian. Data yang dihasilkan adalah bentuk data kuantitatif deskripstif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran keterampilan membaca dengan menggunakan penguatan verbal dan nonverbal secara bersama- sama dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SD Negeri Berbah I Sleman. Peningkatan keterampilan membaca siswa menggunakan penguatan verbal dan nonverbal secara bersama- sama dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus I sebesar 0,3, kondisi awal 6,8 meningkat menjadi 7,1. Dan pada Siklus II mengalami peningkatan keterampilan sebesar 0,7, kondisi awal 6,8 menjadi 7,5.
Kata Kunci: penguatan, keterampilan membaca
Meirina Sabandini