Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:49:23ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-26T01:33:25Z2019-01-30T09:58:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37507This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/375072016-07-26T01:33:25ZPENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN:
STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI KEAHLIAN
TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK N 2 YOGYAKARTAABSTRAK
PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN:
STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI KEAHLIAN
TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK N 2 YOGYAKARTA
Oleh : Sa’adilah Rosyadi
NIM. 07518241018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen
kurikulum dan pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan
SMK N 2 Yogyakarta ditinjau dari komponen manajemen kurikulum yang
meliputi: kerangka dasar kurikulum, struktur kurikulum, beban belajar, dan
kalender pendidikan. Sedangkan komponen manajemen pembelajaran meliputi:
perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian
hasil pembelajaran, dan pengawasaan proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus (case study) dengan
pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah stakeholder di Program Keahlian
Teknik Ketenagalistrikan SMK N 2 Yogyakarta yaitu kepala program keahlian,
guru, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket,
observasi, dan dokumentasi. Bukti validitas instrumen menggunakan validitas
konstruk yaitu Expert Judgement dan validitas data menggunakan teknik
triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komponen manajemen
kurikulum dapat dikategorikan sangat baik dengan kategori aspek kerangka dasar
kurikulum sangat baik, kategori aspek struktur kurikulum sangat baik, kategori
aspek beban belajar sangat baik, dan kategori aspek kalender sangat baik. (2)
Komponen manajemen pembelajaran dapat diktegorikan baik dengan capaian
aspek perencanaan pembelajaran sebesar 80%, aspek pelaksanaan pembelajaran
sebesar 100%, aspek penilaian hasil pembelajaran sebesar 70%, dan aspek
pengawasaan pembelajaran sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penerapan manajemen kurikulum dan pembelajaran pada Program
Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK N 2 Yogyakarta secara umum dapat
dikategorikan baik.
Kata kunci : Penerapan, Manajemen, SMKRosyadi Sa’adilah2012-10-24T00:42:45Z2019-01-29T16:57:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6799This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67992012-10-24T00:42:45ZPENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN: STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK N 2 YOGYAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen kurikulum dan pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK N 2 Yogyakarta ditinjau dari komponen manajemen kurikulum yang meliputi: kerangka dasar kurikulum, struktur kurikulum, beban belajar, dan kalender pendidikan. Sedangkan komponen manajemen pembelajaran meliputi: perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasaan proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus (case study) dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah stakeholder di Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK N 2 Yogyakarta yaitu kepala program keahlian, guru, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Bukti validitas instrumen menggunakan validitas konstruk yaitu Expert Judgement dan validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komponen manajemen kurikulum dapat dikategorikan sangat baik dengan kategori aspek kerangka dasar kurikulum sangat baik, kategori aspek struktur kurikulum sangat baik, kategori aspek beban belajar sangat baik, dan kategori aspek kalender sangat baik. (2) Komponen manajemen pembelajaran dapat dikategorikan baik dengan capaian aspek perencanaan pembelajaran sebesar 80%, aspek pelaksanaan pembelajaran sebesar 100%, aspek penilaian hasil pembelajaran sebesar 70%, dan aspek pengawasaan pembelajaran sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen kurikulum dan pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK N 2 Yogyakarta secara umum dapat dikategorikan baik.Rosyadi Sa’adilah