Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:52:02ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-05T07:18:17Z2019-01-29T17:36:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8434This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84342012-12-05T07:18:17ZKOLABORASI METODE CERAMAH DENGAN MODEL
PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING (DD/CT)
UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PADA
MATA PELAJARAN CHASIS DAN SUSPENSI OTOMOTIF SISWA
KELAS XI SMK N2 PENGASIH TAHUN AJARAN 2011/2012Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan partisipasi dan
hasil belajar siswa jurusan teknik kendaraan ringan SMK N2 Pengasih pada mata
pelajaran chasis dan suspensi otomotif melalui penerapan kolaborasi metode
ceramah dengan model pembelajaran deep dialogue/critical thinking (DD/CT).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, pada proses
pembelajarannya menggunakan kolaborasi metode ceramah dengan model
pembelajaran deep dialogue/critical thinking (DD/CT). Sistematika penelitian
menggunakan III siklus. Sasaran penelitian ini adalah peningkatan partisipasi dan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran chasis dan suspensi otomotif kelas XI
TKR 3 yang berjumlah 33 siswa. Aspek yang diteliti meliputi aktivitas siswa
yang menunjukkan partisipasi, serta hasil belajar siswa berupa evaluasi sebagai
indikator keberhasilan peningkatan hasil belajar. Langkah-langkah yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan tes awal untuk mengetahui
kemampuan awal siswa, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan dengan
menggunakan kolaborasi metode ceramah dengan model pembelajaran deep
dialogue/critical thinking (DD/CT) pada setiap siklusnya selanjutnya dilakukan
post test disetiap akhir pembelajaran. Data dianalisis melalui tahapan reduksi,
paparan data dan penyimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi dan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan tiap siklusnya. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya ratarata
aspek partisipasi pada siklus I sebesar 42.43%, pada siklus II sebesar 61.74%
dan pada siklus III sebesar 69.67%. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami
peningkatan dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 7.14,
pada siklus II sebesar 7.58 dan pada siklus III sebesar 8.06. ketuntasan belajar
siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 57.58%, pada siklus II
sebesar 78.79% dan pada siklus III sebesar 96.97%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi metode ceramah dengan
model deep dialogue critical thinking (DD/CT) dalam proses pembelajaran dapat
meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : partisipasi, hasil belajar, ceramah, deep dialogue/critical thinking
(DD/CT).SAIFURRIJAL SAIFURRIJAL