Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:51:26ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-03-03T06:54:42Z2019-10-01T11:39:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47665This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/476652017-03-03T06:54:42ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
LOKASI SMK NEGERI 1 PANDAK
Kadekrawa, Gilangharjo, Pandak, Bantul)
Disusun Sebagai Tugas Akhir Pelaksanaan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah
yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa SI kependidikan. Kegiatan PPL
dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan kesempatan kepada
mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan,
mempersiapakan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik.
Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplilkasikan teori-teori tersebut
sekaligus mencari ilmu secara factual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di
perkuliahan. Pelaksanaan program PPL bagi mahasiswa kependidikan ini
memiliki misi menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru)
yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang professional.
Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL
langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat
praktik ini adalah SMK Negeri 1 Pandak. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pandak yang dimulai dari tanggal 15 Juli 2016
sampai dengan 15 September 2016 kegiatan yang dilakukan selama PPL antara
lain : Persiapan administrasi mengajar, penyusunan materi ajar baik teori
maupun praktik, penyusunan dan pengembangan media pembelajaran, dan
evaluasi. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PPL adalah meningkatnya
kemampuan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah
diperoleh dibangku kuliah sekaligus semakin luasnya wawasan dan pengalaman
tentang kegiatan pendidikan dan kegiatan lain yang menunjang kelancaran
proses belajar-mengajar disekolah. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah PPL
ini harus menempuh lebih kurangnya 240 jam dalam pelaksanaannya. Selama
kegiatan PPL di SMK Negeri 1 Pandak, dalam realisasinya penyusunan telah
menempuh sebanyak 307 jam. Penyusunan kegiatan PPL di SMK Negeri 1
Pandak membantu mengampu mata pelajaran Penanganan Bahan Hasil
Pertanian dan Perikanan untuk kelas X TPHP 3 dan mata pelajaran
Kompetensi Kejuruan untuk kelas XI TPHP 2.
Secara umum pelaksanaan program-program yang telah disusun dapat
dikatakan terlaksana dengan baik dan lancar, walaupun ada sedikit hambatan.
Namun hambatan tersebut dapat diatasi. Dengan terseleseikannya kegiatan PPL
ini diharapkan dapat tercipta tenaga kerja pendidik yang berkualitas dan
professional.Ratna Yunianti Ratna Yunianti