Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:14:33ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-07-05T03:30:00Z2019-10-01T11:39:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50379This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/503792017-07-05T03:30:00ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB)
WONOGIRIPraktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk pengabdian
perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal melalui
peran mahasiswa yang terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan
memberdayakan warga belajar maupun pihak lain seperti wali murid dan mengikuti
kegiatan belajar mengajar di lapangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi
kepada masyarakat dan warga belajar. Dengan adanya PPL, diharapkan akan
memberi manfaat bagi masyarakat atau warga belajar dan dapat mengembangkan
kreatifitas serta meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam belajar di tengahtengah
masyarakat dan warga belajar. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di UPT
Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Wonogiri.
Penyusunan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi wilayah
instansi UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Wonogiri. Observasi dilakukan
dengan metode wawancara dan analisis situasi berupa pengamatan langsung
mengenai keadaan, situasi dan kondisi daerah sasaran program. Hal-hal yang
menjadi objek observasi adalah lokasi, tempat penyelenggaraan, pengelola,
pendidik,peserta didik dan proses belajar mengajar.
Berdasarkan hasil observasi tersebut dapat ditentukan program kerja yang
kemudian dibagi menjadi 3 garapan yakni pengelolaan PAUD Permata Bunda,
pengelolaan Rumah Pintar, dan pengelolaan Pendidikan Keaksaraan dan
Kesetaraan. Dalam pelaksanaan PPL di SKB Wonogiri, mahasiswa dituntut untuk
dapat merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, serta mengembangkan program.
Sementara program mengajar tidak menjadi prioritas utama.Ratna Anggraeni Ratna Anggraeni