Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:12:02ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-03-11T06:27:12Z2022-10-06T02:19:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47844This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/478442017-03-11T06:27:12ZPengembangan Instrumen Asesmen Konsentrasi dan Perkembangan Anak Usia Dini di TK Berbasis Model BermainTujuan penelitian ini adalah untuk (1) Menemukan instrumen yang tepat untuk menilai konsentrasi anak usia dini di TK; (2) Menemukan instrumen yang tepat untuk mengukur perkembangan kemampuan bahasa, kognitif, dan motorik anak usia dini di TK; (3) Menemukan model bermain bunyi dan suara dalam pembelajaran anak usia dini di TK; dan (4) Menemukan model bermain yang manakah yang paling berpengaruh terhadap peningkatan konsentrasi dan perkembangan bahasa, kognitif, motorik anak usia dini di TK
secara langsung maupun secara tidak langsung melalui konsentrasi.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan hasil penyesuaian (R&D) dari Borg and Gall. Tahap penelitian meliputi analisis kurikulum, studi lapangan, konsultasi pakar, dan penyusunan prototype model. Tahap pengembangan meliputi validasi pakar dan praktisi, uji keterbacaan, pelatihan guru, ujicoba terbatas, ujicoba diperluas dan evaluasi. Subjek ujicoba terbatas sebanyak 9 TK dengan 9 orang guru dan 90 anak, subjek ujicoba diperluas sebanyak 20 TK dengan 20 orang guru dan 400 anak. Analisis pada tahap
pengembangan dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis pada tahap akhir pengembangan digunakan repeated measures analysis untuk mengetahui
perkembangan kemampuan bermain, konsetrasi dan perkembangan kemampuan bahasa, kognitif, dan motorik anak usia dini di TK selama/setelah ujicoba model bermain.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengembangan instrumen untuk mengukur konsentrasi anak usia dini di TK untuk uji teoritik dengan metode wawancara terbuka dan teknik Delphi dan FGD, uji empirik dengan quasi eksperimen disain Single-group interrupted time-series design. 2) Pengembangan instrumen untuk mengukur perkembangan
kemampuan bahasa, kognitif, dan motorik anak TK uji teoritik dengan metode wawancara terbuka dan teknik Delphi dan FGD. Uji empirik dengan quasi eksperimen disain Single-group interrupted time-series design. 3) Instrumen untuk mengukur konsentrasi anak usia dini di TK ialah lembar pengamatan berupa check list. 4) Instrumen
untuk mengukur perkembangan kemampuan bahasa, kognitif, dan motorik anak TK yang paling dominan ialah lembar pengamatan berupa check list. 5) Model bermain bunyi dan suara dalam pembelajaran anak usia dini di TK dikembangkan dengan metode research and development. Uji teoritik dengan teknik Delphi dan FGD, uji empirik dengan quasi eksperimen disain Single-group interrupted time-series design. 6) Model bermain bunyi dan suara dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK. 7) Model bermain bunyi dan suara mempengaruhi konsentrasi anak TK sebesar 0.736, konsentrasi mempengaruhi perkembangan kemampuan bahasa, kognitif, dan motorik anak TK sebesar 0.858. 8) Model bermain bunyi dan suara yang paling berpengaruh meningkatkan konsentrasi dan
perkembangan kemampuan bahasa, kognitif, dan motorik anak TK ialah MBBm dan MBBSa. 9) Peningkatan konsentrasi dan peningkatan kemampuan bahasa, kognitif, dan motorik anak TK melalui pembelajaran model bermain bunyi dan suara terbagi menjadi dua: bersifat linier, cepat dan konsisten; bersifat lambat dan naik turun. 10) Pembelajaran model bermain bunyi dan suara, secara langsung mempengaruhi konsentrasi sebesar
(β=0.835), dan peningkatan kemampuan bahasa, kognitif, dan motorik anak TK sebesar (β=0.351), maupun secara tidak langsung melalui konsentrasi sebesar (β=0.564).Harun Rasyid2012-08-28T15:23:26Z2018-08-29T01:45:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4428This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44282012-08-28T15:23:26ZSilabi Assesmen Perkembangan AUDHarun Rasyid