Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:34:58ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-30T07:20:57Z2019-01-30T01:30:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24072This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/240722015-07-30T07:20:57ZKEEFEKTIFAN STRATEGI SQ3R (SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-
REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI
PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 KOTA MAGELANG
JAWA TENGAHPenelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan kemampuan
memahami teks eksplanasi antara kelompok yang diberi pembelajaran dengan
menggunakan strategi SQ3R dan kelompok yang diberi pembelajaran tanpa
menggunakan strategi SQ3R, dan (2) keefektifan penggunaan strategi SQ3R
dalam pembelajaran memahami teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 12
Kota Magelang Jawa Tengah. Strategi SQ3R digunakan karena membantu siswa
dalam memahami dan berpikir tentang teks yang sedang mereka baca dan
membantu guru dalam membimbing siswa bagaimana membaca seperti para
pembaca efektif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi
eksperimen. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas berupa
strategi SQ3R dan variabel terikat berupa hasil tes pemahaman membaca teks
eksplanasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP
Negeri 12 Kota Magelang dengan jumlah 195 siswa. Teknik pengambilan sampel
adalah simple random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa
kelas VII C dengan jumlah 32 siswa merupakan kelompok eksperimen dan kelas
VII F dengan jumlah 32 siswa merupakan kelompok kontrol. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes berupa instrumen penelitian
yang diujikan pada kelas VII D dengan jumlah 33 siswa. Hasil uji instrumen yang
diperoleh dihitung menggunakan bantuan program komputer Iteman untuk
mengetahui validitas dan reabilitas. Data hasil penelitian dilakukan uji prasyarat
analisis berupa uji normalitas sebaran data dan uji homogenitas varian.
Berdasarkan perhitungan tersebut kedua kelompok terbukti bahwa data normal
dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji beda menggunakan uji-t.
Hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa skor tes akhir kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh thitung 8,644, ttabel 2,000 dengan df 61
pada taraf kesalahan 5%. Dikarenakan nilai thitung lebih besar dari ttabel
(8,644>2,000) dan nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000<0,05),
maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan
membaca pemahaman antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Selain
itu, berdasarkan uji-t gain score diperoleh thitung 4,512, ttabel 2,000, df 61 pada taraf
kesalahan 5%. Dikarenakan nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,512>2,000) dan
nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000<0,05), dapat disimpulkan
bahwa strategi SQ3R efektif digunakan dalam pembelajaran memahami teks
eksplanasi.Millatina Randu Gupita2015-07-30T07:20:57Z2019-01-30T01:30:08Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24074This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/240742015-07-30T07:20:57ZKEEFEKTIFAN STRATEGI SQ3R (SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-
REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI
PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 KOTA MAGELANG
JAWA TENGAHPenelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan kemampuan
memahami teks eksplanasi antara kelompok yang diberi pembelajaran dengan
menggunakan strategi SQ3R dan kelompok yang diberi pembelajaran tanpa
menggunakan strategi SQ3R, dan (2) keefektifan penggunaan strategi SQ3R
dalam pembelajaran memahami teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 12
Kota Magelang Jawa Tengah. Strategi SQ3R digunakan karena membantu siswa
dalam memahami dan berpikir tentang teks yang sedang mereka baca dan
membantu guru dalam membimbing siswa bagaimana membaca seperti para
pembaca efektif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi
eksperimen. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas berupa
strategi SQ3R dan variabel terikat berupa hasil tes pemahaman membaca teks
eksplanasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP
Negeri 12 Kota Magelang dengan jumlah 195 siswa. Teknik pengambilan sampel
adalah simple random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa
kelas VII C dengan jumlah 32 siswa merupakan kelompok eksperimen dan kelas
VII F dengan jumlah 32 siswa merupakan kelompok kontrol. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes berupa instrumen penelitian
yang diujikan pada kelas VII D dengan jumlah 33 siswa. Hasil uji instrumen yang
diperoleh dihitung menggunakan bantuan program komputer Iteman untuk
mengetahui validitas dan reabilitas. Data hasil penelitian dilakukan uji prasyarat
analisis berupa uji normalitas sebaran data dan uji homogenitas varian.
Berdasarkan perhitungan tersebut kedua kelompok terbukti bahwa data normal
dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji beda menggunakan uji-t.
Hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa skor tes akhir kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh thitung 8,644, ttabel 2,000 dengan df 61
pada taraf kesalahan 5%. Dikarenakan nilai thitung lebih besar dari ttabel
(8,644>2,000) dan nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000<0,05),
maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan
membaca pemahaman antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Selain
itu, berdasarkan uji-t gain score diperoleh thitung 4,512, ttabel 2,000, df 61 pada taraf
kesalahan 5%. Dikarenakan nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,512>2,000) dan
nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000<0,05), dapat disimpulkan
bahwa strategi SQ3R efektif digunakan dalam pembelajaran memahami teks
eksplanasi.Millatina Randu Gupita