Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:30:39ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-17T04:18:51Z2019-01-30T07:53:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32722This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/327222016-05-17T04:18:51ZPENGARUH PERCAYA DIRI, KONSEP DIRI, DAN ETOS KERJA
TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM
KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK N 3
YOGYAKARTAPENGARUH PERCAYA DIRI, KONSEP DIRI, DAN ETOS KERJA
TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM
KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK N 3
YOGYAKARTA
Ramiyoto
09501244004
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh antara percaya diri
terhadap kemandirian belajar siswa, (2) Pengaruh antara konsep diri terhadap
kemandirian belajar siswa, (3) Pengaruh antara etos kerja terhadap kemandirian
belajar siswa, (4) Pengaruh secara simultan antara percaya diri, konsep diri, dan
etos kerja terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik
Ketenagalistrikan SMK N 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/ 2014.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan
SMK N 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 113 siswa dengan
jumlah sampel 70 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah percaya diri (X1),
konsep diri (X2), etos kerja (X3), dan kemandirian belajar (Y). Pengumpulan data
dari keempat variabel menggunakan kuesioner atau angket dengan skala Likert.
Pengujian prasyarat analisis hipotesis meliputi uji normalitas, linieritas, dan
multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
regresi linear sederhana untuk hipotesis pertama, kedua, dan ketiga serta analisis
regresi linear ganda untuk hipotesis keempat.
Hasil penelitian ini adalah (1) Pengaruh percaya diri terhadap kemandirian
belajar siswa adalah positif dan signifikan yang dibuktikan dengan nilai korelasi
sebesar 0,751; (2) Pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa
adalah positif dan signifikan yang dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,540;
(3) Etos kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian
belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,719; Sedangkan (4)
Percaya diri, konsep diri, etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kemandirian belajar siswa yang dibuktikan dengan koefisien korelasi sebesar
0,796.
Kata kunci : etos kerja, kemandirian belajar, konsep diri, percaya diri.Ramiyoto Ramiyoto