Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:52:16ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-02T13:50:52Z2019-01-30T00:35:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22460This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/224602015-07-02T13:50:52ZKEEFEKTIFAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE
DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS
EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PRAMBANANPenelitian ini mempunyai dua tujuan. Pertama, mengetahui perbedaan
kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi yang signifikan antara siswa
yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi think-talk-write dan siswa
yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi think-talk-write pada
siswa kelas VII SMP Negeri I Prambanan. Kedua, menguji keefektifan strategi
think-talk-write dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi pada
siswa kelas VII SMP Negeri I Prambanan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode kuasi
eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1
Prambanan. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling dan diperoleh
kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Data
diperoleh dengan pretes dan postes berupa tes objektif. Validitas yang digunakan
adalah validitas isi dan validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan Alpha
Cronbach yang dihitung dengan progam Iteman. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum dilakukan
analisis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas
dengan teknik Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan teknik One Way
Anova.
Hasil analisis uji-t independen data postes kemampuan membaca
pemahaman teks eksplanasi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
diperoleh thitung 2,184 dan p sebesar 0,033 (p<0,05). Hasil analisi uji-t
berhubungan kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar -4,790 dan nilai p
sebesar 0,000 (p<0,05). Adapun kenaikan skor kelompok eksperimen sebesar
2,187 dan kelompok kontrol sebesar 0,906. Berdasarkan hasil analisis ini, dapat
disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks
eksplanasi yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan
menggunakan strategi think-talk-write dan siswa yang mendapat pembelajaran
tanpa menggunakan strategi think-talk-write pada siswa kelas VII SMP Negeri I
Prambanan, (2) strategi think-talk-write efektif digunakan dalam pembelajaran
membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri I
Prambanan.Rikha Vivit Ramadhani