Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:40:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-04-04T07:28:35Z2019-01-29T12:15:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48473This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/484732017-04-04T07:28:35ZPelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Hidup Pada Lembaga Pemerintah dan SwastaPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan, hasil, faktor penghambat dan faktor pendukung program pendidikan kecakapan hidup pada lembaga pemerintah dan swasta di Kota Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan model evaluasi program objective – oriented. Subyek penelitian ini adalah penyelenggara, instruktur dan peserta/alumni program pendidikan kecakapan hidup. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Guna diperoleh keabsahan data dilakukan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup pada lembaga pemerintah dan swasta menunjukkan pada komponen perencanaan dilakukan pihak penyelenggara program dan instruktur, akan tetapi belum melibatkan semua peserta, dan evaluasi program dalam kategori sudah terlaksana dan sesuai tujuan yang dicapai. 2) Hasil program pendidikan kecakapan hidup pada lembaga pemerintah dan swasta menghasilkan dengan ranah keterampilan dan pengetahuan yang baik dan terampil. 3) Faktor pendukung meliputi dari dana dan peserta. Anggaran dana memadai dan mencukupi fasilitas pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup serta tepat sasaran program pada peserta yang telah mengikuti dari penyeleksian hingga penutup. 4) Faktor penghambat meliputi: fasilitas sarana prasarana yang terbatas, dan jumlah pendidik yang terbatas.Masyitha Ramadhani