Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:07:25ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-16T07:26:01Z2019-01-30T07:52:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32697This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/326972016-05-16T07:26:01ZNIAT PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA
KELAS III SMK N 3 YOGYAKARTARiset ini bertujuan untuk mengetahui niat, sikap, norma subyektif dan persepsi
kontrol perilaku siswa kelas III SMK N 3 Yogyakarta yang berkenaan dengan PISB
(Penggunaan Internet sebagai Sumber Belajar). Riset ini juga ditujukan untuk
mengetahui hubungan antara sikap, norma subyektif, persepsi kontrol perilaku
masing-masing dengan niat dari siswa kelas III SMK N 3 Yogyakarta yang berkaitan
dengan PISB. Tujuan terakhir adalah untuk mengetahui sumbangan sikap, norma
subyektif dan persepsi kontrol perilaku secara bersamaan terhadap niat dari siswa
kelas III SMK N 3 Yogyakarta dalam kaitannya dengan PISB.
Adapun metode yang diterapkan dalam riset ini adalah survei. Populasi
penelitian ini yaitu semua siswa kelas III SMK N 3 Yogyakarta TA. 2010/2011 yang
berjumlah 620 orang. Sampel sebanyak 44 siswa yang mewakili setiap jurusan.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengisian angket. Teknik
analisis data untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi pearson product moment
dan regresi linier berganda.
Hasil riset ini merefleksikan bahwa siswa memiliki niat PISB yang cenderung
kuat ( =3,54; min=1,00; max=5,00), sikap siswa terhadap PISB cenderung menyukai
( =3,84; min=-3,40; max=9,60), norma subyektif siswa yang berkenaan dengan
PISB cenderung mendukung ( =2,48; min=-2,00; max=7,33), persepsi kontrol
perilaku siswa tentang PISB cenderung mudah ( =2,21; min=-2,14; max=5,86).
Riset ini juga menghasilkan bahwa hubungan antara masing-masing sikap, norma
subyektif, persepsi kontrol perilaku dan niat siswa berkenaan dengan PISB terbukti
positif dan signifikan dengan rhitung yang berturut-turut adalah 0,67, 0,64 dan 0,68
serta rtabel sebesar 0,30. Hasil berikutnya adalah sumbangan sikap, norma subyektif,
persepsi kontrol perilaku secara bersamaan terhadap niat siswa tentang PISB terbukti
positif dan signifikan dengan Fhitung sebesar 20,364, Ftabel
sebesar 2,84 serta derajat
kebebasan 3/40. Tingkat kepercayaan yang dipilih dalam analisis statistik adalah 95
persen. Kelemahan penelitian ini adalah jumlah sampel yang tidak representatif. Hasil
penelitian ini meskipun demikian sejalan dengan penelitian-penelitian terdahulu yang
relevan secara umum.Hendi Prastiyo Rama