Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:13:04ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-13T07:21:16Z2019-01-30T12:49:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45835This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/458352017-01-13T07:21:16ZEFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN “POWERPOINT” TERHADAP
KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP JENIS KELAMIN DALAM
PEMBELAJARAN IPA PADA ANAK AUTIS KELAS VIII SMPLB
DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran
powerpoint terhadap kemampuan memahami konsep jenis kelamin dalam
pembelajaran IPA. Memahami konsep jenis kelaminini meliputi aspek nama
anggota tubuh dan fungsinya, menjelaskan perbedaan perubahan fisik pada usia
pubertas antara laki-laki dan perempuan serta sentuhan yang dilarang dan
diperbolehkan ketika bertemu dengan lawan jenispada anak autis kelas VIII
SMPLB di Sekolah khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
penelitian quasi eksperimen.Eksperimen yang digunakan yaitu Single Subject
Researh (SSR) dan desain yang digunakan adalah -B- . Subjek penelitian
yaitu seorang anak autis kelas VIII SMPLB, berjumlah 1 orang siswa. Metode
pengumpulan data menggunakan tes, dan observasi.Instrumen penelitian berupa
tes kemampuan memahami konsep jenis kelamin dan panduan observasi yang
digunakan selama fase intervensi.Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta
grafik.
Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan media pembelajaran
powerpoint efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan memahami
konsep jenis kelamin dalam pembelajaran IPA untuk anak autis kelas VIII
SMPLB. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase mean level
yang diperoleh dari fase baseline-1, intervensi, baseline-2 berturut-turut 68%,
82%, dan 93%. Hal ini berarti terdapat kenaikan sebesar +25% pada kemampuan
memahami konsep jenis kelamin antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi
menggunakan media powerpoint. Ditambah dengan data tumpang tindih (overlap)
yang persentasenya 0% yang berarti media pembelajaran powerpoint berpengaruh
terhadap kemampuan memahami komsep jenis kelamin dalam pembalajaran IPA
pada anak autis kelas VIII SMPLB di Sekolah kKhusus Autis Bina Anggita
Yogyakarta.Muslikhah Rakhma