Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:51:00ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-09-14T08:39:15Z2019-01-30T03:27:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26188This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/261882015-09-14T08:39:15ZKEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN
PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN
KELAS XI SMA NEGERI 2 WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDULPenelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perbedaan
kemampuan menulis teks cerpen siswa yang menggunakan media pembelajaran
film kartun dibandingkan dengan yang menggunakan media pembelajaran teks
cerpen; (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menulis teks cerpen siswa
yang menggunakan media pembelajaran film kartun pada siswa kelas XI SMA
Negeri 2 Wonosari.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group
design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wonosari.
Berdasarkan teknik cluster random sampling ditetapkan kelas XI Bahasa sebagai
kelompok eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelompok kontrol. Data
dikumpulkan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen
berupa validitas isi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf
signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji
prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian.
Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 menunjukkan
data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen.
Analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
diperoleh nilai t୦୧୲୳୬ sebesar 6,728 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil analisis
uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai t୦୧୲୳୬ sebesar
-19,742 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan
analisis tersebut adalah: (1) ada perbedaan tingkat kemampuan menulis teks
cerpen pembelajaran siswa dengan menggunakan media film kartun dengan
pembelajaran siswa tanpa menggunakan media film kartun; (2) penggunaan media
film kartunefektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada siswa
kelas XI SMA Negeri 2 Wonosari.Ratna Rahmawati