Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:05:58ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2021-03-24T07:16:19Z2021-05-28T04:57:26Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70289This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/702892021-03-24T07:16:19ZPengembangan Model e-Jigsaw Learning (EJL) pada Perkuliahan Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21.Laifa RahmawatiJumadi Jumadi2015-03-12T06:43:16Z2019-05-09T01:22:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12741This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/127412015-03-12T06:43:16ZPengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Gelombang Bunyi dan Pendengaran untuk Mendukung Kemandirian Belajar dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMPTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) kelayakan media pembelajaran berbasis komputer pada materi gelombang bunyi dan pendengaran untuk mendukung kemandirian belajar dan peningkatan hasil belajar siswa SMPIT Alam Nurul Islam, (2) dukungan media hasil pengembangan terhadap kemandirian belajar siswa SMPIT Alam Nurul Islam, (3) dukungan media hasil pengembangan terhadap peningkatan hasil belajar aspek kognitif siswa SMPIT Alam Nurul, dan (4) dukungan media hasil pengembangan terhadap peningkatan hasil belajar aspek kemampuan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan pada siswa SMPIT Alam Nurul Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan yang diadapatasi dari model pengembangan menurut Borg & Gall. Secara garis besar, penelitian dilakukan pada lima tahap utama, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain pembelajaran, (3) pengembangan media, (4) validasi, revisi, dan uji coba produk, dan (5) diseminasi terbatas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar penilaian oleh validator, lembar tanggapan siswa tentang dukungan media terhadap kemandirian belajar, dan soal pretest-postest aspek kognitif dan aspek kemampuan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan (5M). Penilaian hasil belajar aspek kognitif dan aspek kemampuan 5M dilakukan pada siswa kelas VIII SMPIT Alam Nurul Islam dengan desain one-group pretest-postest yang kemudian dianalisis berdasarkan analisis selisih skor (gain score).
Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran berbasis komputer pada materi gelombang bunyi dan pendengaran. Dari hasil tahapan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) produk media pembelajaran gelombang bunyi dan pendengaran layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil penilaian yang menunjukkan kategori sangat baik, (2) media hasil pengembangan mendukung kemandirian belajar siswa SMPIT Alam Nurul Islam, (3) penggunaan media pembelajaran hasil pengembangan mendukung peningkatan hasil belajar aspek kognitif siswa dalam memahami materi gelombang bunyi dan pendengaran, dan (4) penggunaan media pembelajaran hasil pengembangan mendukung peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kemampuan 5MLaifa Rahmawati