Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:20:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2021-08-09T03:57:11Z2021-08-09T03:57:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70922This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/709222021-08-09T03:57:11ZPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA SMA KELAS XIPeneltian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan video pembelajaran pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan bagi siswa SMA kelas XI, 2) mengetahui kelayakan video pembelajaran pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran prakaryadan kewirausahaan, serta peserta didik SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reserch & Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2020-juli 2021 di Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana (PTBB), Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Uji Kelayakan video pembelajaran dilakukan dengan memberikan angket kepada 1 ahli media, 2 ahli materi, dan 30 peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan video dilakukan dengan; a) Define meliputi analisis kurikulum dan materi, analisis peserta didik, serta merumuskan tujuan, b) Design meliputi pra produksi, produksi dan pasca produksi, c) Develop meliputi validasi oleh ahli media dan ahli materi, d) Disseminate dilakukan dengan mengunggah video di Youtube dengan URL https://youtu.be/-BH3ObetQhc. Video Pembelajaran ini berdurasi 17 menit 42 detik dengan ukuran file sebesar 1,11GB. 2) Hasil penilaian kelayakan video pembeajaran pada mata peajaran prakarya dan kewirausahaan oleh ahli materi mendapatkan nilai rerata 97,83% dengan kategori sangat layak, oleh ahli media memperoleh nilai rerata 93,66% dengan kategori sangat layak, dan oleh 30 peserta didik memperoleh nili rerata 91,99% dengan kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran prakarya dan kewirausahaan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMA.Yendha May Good Cha Manggalayendha.may2016@student.uny.ac.idFitri Rahmawatifitri_rahmawati@uny.ac.id2021-02-18T07:35:46Z2021-05-31T06:49:26Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70081This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/700812021-02-18T07:35:46ZFaktor Determinan Employability Skills Siswa SMK Pariwisata Bidang Boga.Penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan: (1) Gambaran faktor psikologis, keluarga, lingkungan masyarakat, pembelajaran, prakerin, akademis, dan employability skillssiswa SMK Pariwisata bidang boga di Daerah Istimewa Yogyakarta; (2) Faktor-faktor yang mempengaruhiemployability skillssiswa SMK Pariwisata bidang boga di Daerah Istimewa Yogyakarta; (3) Besarnyapengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi employability skillssiswa SMK Pariwisata bidang boga di Daerah Istimewa Yogyakarta.Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilakukan di SMKNegeri Kelompok Pariwisata Bidang Keahlian Tata Boga kelas XI di Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah melaksanakan prakerin di industri dengan jumlah 800 orang siswa. Sampel sejumlah 400 ditentukan dengan dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket pada jenis penelitian survei. Data dianalisis secara inferensial dengan menggunakan IBM SPSS 20 dan analisis Structural Equation Modeling(SEM) dengan bantuan software Lisrel 8.50.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: Pertama, kondisi psikologis, keluarga, lingkungan masyarakat, pembelajaran, prakerin, akademis dan employability skills siswa SMK Pariwisata bidang boga di Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk dalam kategori baik. Kedua,uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh langsung dan signifikan kondisi psikologis,pembelajaran, prakerin, dan akademis terhadap employability skills siswa SMK Pariwisata bidang boga di Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat pengaruh tidak langsung faktor psikologis, keluarga, lingkungan masyarakat, pembelajaran, prakerin, dan akademis terhadap employability skillssiswa SMK Pariwisata bidang boga di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketiga,total sumbangan (total effect) pengaruh variabel psikologis, keluarga, lingkungan masyarakat, pembelajaran, prakerin, dan akademis terhadap employability skillssiswa SMK Pariwisata bidang boga di Daerah Istimewa Yogyakarta secara berturut-turut sebesar: 40%, 16%, 20%, 18%, 46%, dan 52%. Dengan demikian upaya peningkatan kemampuan employability skillssiswa SMK Pariwisata bidang boga di Daerah Istimewa Yogyakarta dapat dilakukan melalui peningkatan kondisi psikologis siswa, keluarga, lingkungan masyarakat, pembelajaran, prakerin, dan akademis.Fitri RahmawatiThomas Sukardi2019-03-13T02:52:19Z2019-04-01T07:08:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63115This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/631152019-03-13T02:52:19ZEMPLOYABILITY SKILLS LULUSAN SMK DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEBUTUHAN DUNIA KERJASudji MunadiWidarto WidartoAdam JerusalemNurhening YuniartiFitri RahmawatiHermansyah Hermansyah2016-12-05T02:03:23Z2019-01-30T12:04:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44209This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/442092016-12-05T02:03:23ZUPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN
DENGAN STRATEGI 3M (MENIRU-MENGOLAH-MENGEMBANGKAN)
DI KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTAUPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN
DENGAN STRATEGI 3M (MENIRU-MENGOLAH-MENGEMBANGKAN)
DI KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA
oleh Fitri Rahmawati
NIM 05201244035
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen
cerpen dengan strategi 3M (meniru-mengolah-mengembangkan) di kelas X SMA
N 1 Depok Yogyakarta.
Subjek penelitian ini adalah siswa XE SMA N 1 Depok Yogyakarta.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan
dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Siklus I dilakukan
dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan.
Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan
keterampilan menulis cerpen dengan strategi 3M (meniru-mengolahmengembangkan).
Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan,
catatan lapangan, angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini
mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil
tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini
dilihat dari adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan
pembelajaran menulis cerpen dengan strategi 3M (meniru-mengolahmengembangkan)
pada siswa kelas XE SMA N 1 Depok Yogyakarta diawali
dengan proses meniru lalu dilanjutkan dengan proses mengolah dan terakhir
adalah proses mengembangkan. Penerapan strategi 3M (meniru-mengolahmengembangkan)
dapat meningkatkan proses dan produk belajar siswa.
Peningkatan proses siswa pada akhir tindakan siklus I, yaitu siswa menjadi cukup
antusias, semangat, gembira, aktif dalam menulis cerpen. Pada akhir tindakan
siklus II terlihat peningkatan proses, yaitu antusias dan semangat yang
ditunjukkan siswa dalam menulis cerpen lebih besar, aktif, dan percaya diri.
Peningkatan produk ditunjukkan dengan semakin meningkatnya ketutasan tes
hasil belajar. Skor rata-rata yang dicapai siswa sebelum proses tindakan adalah
67,97. Pada akhir tindakan siklus I skor rata-rata yang diperoleh sebesar 70,45
sehingga mengalami peningkatan 2,48 poin. Pada akhir siklus II skor rata-rata
yang diperoleh sebesar 84,11 sehingga mengalami peningkatan sebesar 13,66 poin
dari siklus I. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
strategi 3M (meniru-mengolah-mengembangkan) dapat meningkatkan
keterampilan menulis cerpen siswa kelas XE SMA N 1 Depok Yogyakarta.Fitri Rahmawati2015-12-03T13:24:25Z2019-01-30T05:42:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28616This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/286162015-12-03T13:24:25ZPERSEPSI GURU BIOLOGI SMA NEGERI DI KABUPATEN BANTUL
TERHADAP IMPLEMENTASI METODE ILMIAH DALAM MATA
PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU BERDASARKAN
PENGALAMAN MENGAJAR GURUFitri Rahmawati