Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:13:00ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-01T02:57:11Z2019-01-30T09:49:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35892This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/358922016-07-01T02:57:11ZHubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Depok Tahun Pelajaran 2015/2016Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar IPS, (2) hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS, dan (3) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS.
Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Depok yang berjumlah 128 siswa, terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus yang dikemukakan oleh Isaac dan Michael dan diperoleh hasil 96 siswa. Data perhatian orang tua dan motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data hasil belajar menggunakan nilai ujian tengah semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Kuesioner diuji validitas dengan korelasi product moment dan reliabilitas dengan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar IPS artinya semakin tinggi perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar anak maka semakin tinggi pula motivasi belajar anak;(2) ada hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS artinya semakin tinggi perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar anak maka semakin tinggi pula hasil belajar anak; (3) ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS artinya semakin tinggi motivasi belajar anak terhadap kegiatan belajar maka semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh.
Kata kunci: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil BelajarDesy Rahmawati2015-07-10T01:30:33Z2019-01-30T01:00:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23151This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/231512015-07-10T01:30:33ZPEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR
BAGI SISWA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA
SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan faktor-faktor yang mendukung serta menghambat dalam pemanfaatan internet di SMK Muhammadiyah 1 Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI Jurusan Multimedia SMK Muhamamdiyah 1 Sleman. Metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar bagi siswa masih belum optimal. Hal ini karena waktu siswa dalam memanfaatkan internet saat jam pelajaran di sekolah dan belum konsisten yaitu antara 10 menit sampai 4 jam. Namun, siswa disini sudah dapat menjelajah web, dan memanfaatkan e-mail. Cara siswa dalam mencari materi di internet yaitu dengan mengetikkan kata kunci sesuai dengan yang diinginkan atau dibutuhkan. Setelah itu, siswa membaca materinya untuk mengetahui kesesuaian materi yang ada di internet dengan yang diajarkan guru, kemudian siswa mendownloadnya. Mata pelajaran yang di cari yaitu Bahasa Inggris, Fisika, Animasi 2 Dimensi, dan lain sebagainya. Sementara bentuk materi yang dicari yaitu berupa teks dan gambar. Faktor pendukung eksternal bagi siswa yaitu adanya fasilitas pribadi siswa, kurangnya materi yang ada dibuku, adanya tugas dari guru, tersedianya fasilitas dari sekolah, dan adanya kebijakan sekolah dalam mengakses hotspot internet sekolah. Sementara faktor penghambat internal bagi siswa yaitu adanya rasa malas, siswa kesulitan untuk berkonsenterasi dalam belajar dan faktor penghambat eksternal bagi siswa yaitu peralatan dipinjam teman, perggantian password hotspot internet sekolah secara berkala serta adanya masalah jaringan.Desy Rahmawati