Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:32:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-05-29T07:44:48Z2019-01-30T14:13:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49334This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/493342017-05-29T07:44:48ZEFEKTIVITAS PENERAPAN KOLABORASI MODEL THINK-PAIRSHARE (TPS) DAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP
ILMIAH PADA MATERI ASAM DAN BASA KELAS XI SMA NEGERI 1
SEWON TAHUN AJARAN 2016/2017Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya
perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam
materi kimia kelas XI SMA Negeri 1 Sewon antara yang mengikuti pembelajaran
dengan kolaborasi model TPS dan model POE dengan peserta didik yang mengikuti
pembelajaran model Discovery Learning, jika pengetahuan awal kimia peserta
didik dikendalikan, serta mengetahui adanya perbedaan yang signifikan pada sikap
ilmiah peserta didik dalam pembelajaran kimia sebelum dan sesudah mengikuti
pembelajaran dengan kolaborasi model TPS dan model POE,.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester 2 SMA
Negeri 1 Sewon tahun ajaran 2016/2017 yang terbagi dalam 5 kelas. Teknik
pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel penelitian
terdiri atas dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Masing-masing
kelas terdiri dari 31 peserta didik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah
uji-t pair samples t-test) dan uji anakova satu jalur (one way anacova).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
terhadap kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang mengikuti
pembelajaran kolaborasi model TPS dan POE dengan peserta didik yang mengikuti
pembelajaran model Discovery Learning, jika pengetahuan awal dikendalikan
secara statistik, serta terdapat perbedaan yang signifikan terhadap sikap ilmiah
peserta didik, sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan kolaborasi
model TPS dan POE.Azmi Rahmawati