Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:41:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-05T03:30:36Z2019-01-29T18:25:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9988This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/99882013-02-05T03:30:36ZUPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIA MELALUI PENGGUNAAN METODE QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD KAUMAN KECAMATAN PLERET BANTULPenelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPS siswa kelas VIA menggunakan Quantum Learning di SD Kauman Pleret Bantul. Jenis metode adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIA SD Kauman Pleret Bantul yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan dengan teknik persentase untuk angket. Data observasi menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar menggunakan Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIA SD Kauman Kecamatan Pleret Bantul. Hal ini terbukti dengan subjek penelitian yang terlihat aktif, antusias, dan terjadi peningkatan nilai evaluasi dalam setiap siklus pembelajaran. Peningkatan persentase rata- rata motivasi belajar siswa yaitu dengan angket pratindakan 58,92%, angket siklus I 68,19%, dan angket siklus II 84,98%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIA SD Kauman Pleret Bantul.
Kata kunci: Motivasi belajar, Quantum Learning
Anna Rahmawati