Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:16:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-12T01:11:03Z2019-10-01T11:39:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45723This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/457232017-01-12T01:11:03ZLAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMP NEGERI 1 PAKEM
Jalan Kaliurang Km 17 Tegalsari, Pakem,
Binangun, Kec. Pakem, Sleman, DIY
15 Juli – 15 September 2016Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) 2016dilaksanakan di SMP
Negeri1 Pakem, bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan
kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dalam rangka melatih dan
mengembangkan potensi keguruan atau kependidikan. Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL) dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
mempelajari, mengenal, dan melaksanakan praktik pembelajaran kelas, serta
dapat digunakan oleh mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan untuk
menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara
interdisipliner ke dalam kehidupan nyata disekolah. Selain itu, PPL dapat
menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya
mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai
tenaga pendidik.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan berbagai pihak,
ditemukan beberapa personal atau permasalahan yang ada di SMP Negeri 1
Pakem. Melihat situasi dan kondisi tersebut,maka dibentuk suatu rancangan
program kerja PPL sebagai upaya menangani permasalahan yang ada.
Program Kerja Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dirancang meliputi
pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), analisis ulangan
harian, program tahunan, dan program semester.
Secara keseluruhan program kerja PPL dapat terlaksana dengan baik
dan lancar. Hasil dari program kerja meliputi: terbuatnya Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatanan alisis ulangan harian,
program tahunan, dan program semester. Hasil yang diperoleh dari kegiatan
PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan
perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan
pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan
ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masingmasing.Rahmat Hidayat Darwis Rahmat Hidayat Darwis