Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:07:05ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-30T02:04:53Z2019-01-30T00:22:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22026This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/220262015-06-30T02:04:53ZKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING
UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN
ELEKTRONIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI
TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PLERETKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING
UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN
ELEKTRONIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI
TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PLERET
Oleh:
Rahman Dwi Saputro
NIM. 10501244011
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui perbedaan hasil
belajar siswa aspek kognitif pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen
elektronik kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project Based
Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (2)
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa aspek afektif pada pencapaian
kompetensi pengukuran komponen elektronik kelas X yang mengikuti
pembelajaran dengan model Project Based Learning dengan siswa yang
mendapat pembelajaran konvensional, dan (3) mengetahui perbedaan hasil
belajar siswa aspek psikomotorik pada pencapaian kompetensi pengukuran
komponen elektronik kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project
Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas X Program Keahlian TITL SMK Negeri 1 Pleret. Jumlah
populasi sebanyak 96 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 64 siswa.
Teknik Pengambilan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa
aspek kognitif pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen elektronik
antara kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project Based
Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional
(thitung=4,110>ttabel 1998; sig=0,000), rata-rata kognitif kelas kontrol = 66,875
sedangkan kelas eksperimen = 76,375, (2) terdapat perbedaan hasil belajar
siswa aspek afektif pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen
elektronik antara kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project
Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional
(thitung=4,023>ttabel 1998; sig=0,000), rata-rata afektif kelas kontrol = 71,328
sedangkan kelas eksperimen = 80,547, (3) terdapat perbedaan hasil belajar
siswa aspek psikomotorik pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen
elektronik antara kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project
Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional
(thitung=2,421>ttabel 1998; sig=0,000), rata-rata psikomotorik kelas kontrol =
75,398 sedangkan kelas eksperimen = 79,986.
Kata Kunci: kompetensi, Project Based Learning, dan pengukuran komponen
elektronikDwi Saputro Rahman2015-06-24T02:51:48Z2019-01-29T23:59:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21343This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/213432015-06-24T02:51:48ZKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING
UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN
ELEKTRONIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI
TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PLERETKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING
UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN
ELEKTRONIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI
TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PLERET
Oleh:
Rahman Dwi Saputro
NIM. 10501244011
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui perbedaan hasil
belajar siswa aspek kognitif pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen
elektronik kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project Based
Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (2)
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa aspek afektif pada pencapaian
kompetensi pengukuran komponen elektronik kelas X yang mengikuti
pembelajaran dengan model Project Based Learning dengan siswa yang
mendapat pembelajaran konvensional, dan (3) mengetahui perbedaan hasil
belajar siswa aspek psikomotorik pada pencapaian kompetensi pengukuran
komponen elektronik kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project
Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas X Program Keahlian TITL SMK Negeri 1 Pleret. Jumlah
populasi sebanyak 96 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 64 siswa.
Teknik Pengambilan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa
aspek kognitif pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen elektronik
antara kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project Based
Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional
(thitung=4,110>ttabel 1998; sig=0,000), rata-rata kognitif kelas kontrol = 66,875
sedangkan kelas eksperimen = 76,375, (2) terdapat perbedaan hasil belajar
siswa aspek afektif pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen
elektronik antara kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project
Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional
(thitung=4,023>ttabel 1998; sig=0,000), rata-rata afektif kelas kontrol = 71,328
sedangkan kelas eksperimen = 80,547, (3) terdapat perbedaan hasil belajar
siswa aspek psikomotorik pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen
elektronik antara kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project
Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional
(thitung=2,421>ttabel 1998; sig=0,000), rata-rata psikomotorik kelas kontrol =
75,398 sedangkan kelas eksperimen = 79,986.
Kata Kunci: kompetensi, Project Based Learning, dan pengukuran komponen
elektronikDwi Saputro Rahman2015-06-22T07:32:51Z2019-01-29T23:51:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21123This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/211232015-06-22T07:32:51ZKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING
UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN
ELEKTRONIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI
TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PLERETKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING
UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN
ELEKTRONIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI
TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PLERET
Oleh:
Rahman Dwi Saputro
NIM. 10501244011
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui perbedaan hasil
belajar siswa aspek kognitif pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen
elektronik kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project Based
Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (2)
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa aspek afektif pada pencapaian
kompetensi pengukuran komponen elektronik kelas X yang mengikuti
pembelajaran dengan model Project Based Learning dengan siswa yang
mendapat pembelajaran konvensional, dan (3) mengetahui perbedaan hasil
belajar siswa aspek psikomotorik pada pencapaian kompetensi pengukuran
komponen elektronik kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project
Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas X Program Keahlian TITL SMK Negeri 1 Pleret. Jumlah
populasi sebanyak 96 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 64 siswa.
Teknik Pengambilan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa
aspek kognitif pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen elektronik
antara kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project Based
Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional
(thitung=4,110>ttabel 1998; sig=0,000), rata-rata kognitif kelas kontrol = 66,875
sedangkan kelas eksperimen = 76,375, (2) terdapat perbedaan hasil belajar
siswa aspek afektif pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen
elektronik antara kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project
Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional
(thitung=4,023>ttabel 1998; sig=0,000), rata-rata afektif kelas kontrol = 71,328
sedangkan kelas eksperimen = 80,547, (3) terdapat perbedaan hasil belajar
siswa aspek psikomotorik pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen
elektronik antara kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model Project
Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional
(thitung=2,421>ttabel 1998; sig=0,000), rata-rata psikomotorik kelas kontrol =
75,398 sedangkan kelas eksperimen = 79,986.
Kata Kunci: kompetensi, Project Based Learning, dan pengukuran komponen
elektronikDwi Saputro Rahman