Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:48:58ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-06T01:10:10Z2019-01-29T18:19:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9807This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/98072013-02-06T01:10:10ZPENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PASIR WETAN BANYUMASPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil
belajar IPS antara siswa yang diajar dengan pendekatan Contextual Teaching and
Learning dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan ekspositori pada
siswa kelas IV SD Negeri Pasir Wetan Banyumas.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pasir Wetan tahun ajaran 2011/2012
yang berjumlah 53 siswa, 27 siswa dari kelas A dan 26 siswa dari kelas B.
Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling
dengan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian
eksperimen ini adalah 15 siswa per grup, 15 siswa pada kelas kontrol dan 15
siswa pada kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes
yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji validitas instrumen
menggunakan korelasi biserial, dari 50 soal diperoleh 45 soal valid dan 5 soal
gugur. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus KR-20 dengan
nilai koefisien sebesar 0,939. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji
hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik uji beda (t-test).
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil: terdapat
perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan
dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel pada pertemuan kedua dan ketiga pada
taraf signifikansi 5% dan df = 28 (1,798 ≥ 1,701; 2,122 ≥ 1,701). Dengan
demikian, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan
pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil
belajar IPS siswa kelas IV SDN Pasir Wetan tahun ajaran 2011/2012.
Kata kunci: pendekatan contextual teaching and learning, hasil belajar, siswa
kelas IV SD Negeri Pasir Wetan Purwandari Rahayu