Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:00:36ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-24T01:32:41Z2019-01-30T13:03:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46390This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/463902017-01-24T01:32:41ZPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI
MENGGUNAKAN METODE KARYAWISATA UNTUK ANAK
TUNARUNGU KELAS X DI SLB NEGERI PURBALINGGAPenelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan proses pembelajaran
menulis deskripsi, dan 2) meningkatkan kemampuan menulis deskripsi melalui
metode karyawisata untuk anak tunarungu kelas X di SLB Negeri Purbalingga.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(kolaborasi). Subjek penelitian berjumlah 4 siswa tunarungu yang berjenis
kelamin laki-laki kelas X dengan inisial MAN, DWE, TC, dan AP. Desain
penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode
pengumpulan data yang digunakan menggunakan: 1) tes, 2) observasi, dan 3)
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, peningkatan proses dapat dilihat dari: 1)
peningkatan partisipasi siswa selama proses pembelajaran, 2) peningkatan proses
pembelajaran dilakukan dengan menarik serta menyenangkan dan peserta didik
aktif berperan serta selama proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan
kemampuan menulis deskripsi anak tunarungu ditunjukan dari peningkatan nilai
rerata pada siklus I sebesar 11,25, yang kondisi awal 58,75 meningkat menjadi 70
dan peningkatan nilai rerata pada siklus II sebesar 13,75, yang kondisi awal 70
meningkat menjadi 83,75.Dwi Putriani Rahayu